Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Kirab Santri, Disambut Baik Oleh Masyarakat Kabupaten Banjar.

Kirab Santri, Disambut Baik Oleh Masyarakat Kabupaten Banjar.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPUA-Rangkaian Hari Santri Nasional 2019 Pemerintah Kabupaten Banjar melaui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bekerja sama dengan PCNU Kabupaten Banjar menggelar Kirab Santri pada Rabu (23/10) malam.

Kegiatan tersebut star dari depan kantor Pemkab Banjar dan dilepas langsung oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman. Dan diikuti sebanyak 19 grup pondok pesantren yang ada di Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan, pemerintah Kabupaten Banjar sangat megapresiasi kegiatan kirab santri ini. Karena dalam kegiatan ini mengandung banyak makna, diantaranya kebersamaan, dan silaturahmi antar pondok pesantren yang ada di Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :  Dua Warga Kelayan A Terciduk Polisi saat Transaksi Narkoba

Adapaun rute kirab santri dimulai dari kantor pemkab, masuk ke jalan A Yani, Jalan Keraton, P Abdurrahman, jalan Batuah, finis di depan Kantor DPRD Banjar.

“Ya, kegiatan ini merupakan rangkaian hari santri, kegiatan ini juga sebagai hiburan bagi masyarakat martapura dan sekitarnya,” Ujar Kabid Kebudayaan Yuana Karta Abidin.

Dikatan Yuana, kirab santri ini masih mnegangkat tema Santri Unggul, Indonesia Makmur, dan diisi dengan kegiatan yang kenatal akan nuansa islami.

“Nanti akan ada tim penilai dari PCNU Kab Banjar, kita dari dinas hanya membantu secara teknis. Untuk penilaian kita serahkan sepenuhnya ke PCNU,” ucapnya.

BACA JUGA :  Pemko Banjarbaru Raih Penghargaan Dari Kemendagri

Kirab Santri tersebut mampu menarik antusias masyarakat, yang memenuhi sepanjang jalan rute dari krab santri itu.

“Kegiatan ini sangat bagus, dan semoga setiap tahunnya tambah meriah lagi, tambah kreatif lagi, dan tambah banyak lagi pesertanya,” Ujar Fatur Rachman, Warga Pasayangan.

Selain Kirab Santri, juga ada 6 perlombaan lainnya di Hari Santri yang digelar di RTH Alun-alun Ratu Zalecha ini, yakni Tilawah Alquran, Khattil Quran, Syair Maulid, Pidato Bahasa Arab, Qiraatul Qutub (membaca kitab kuning), juga Stand Pameran yang diperlombakan antar pesantren.

Penulis M Sairi

Baca Juga