Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. LSM Tuding PD Baramarta Tidak Memberikan Manfaat Ke Masyarakat.

LSM Tuding PD Baramarta Tidak Memberikan Manfaat Ke Masyarakat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA-Sebanyak 6 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kalimantan Selatan datangi kantor Komisi I DPRD Kabupaten Banjar, Rabu (13/11/2019).

Kedatangan LSM tersebut untuk menyampaikan aspirasi ke dewan rakyat mengenai permaslahan yang terjadi di Perusahaan Daerah (PD) Baramarta.

Aliansyah yang merupakan ketua Pemerhati kinerja Aparatur Pemerintah dan Perlemen (KPKAPP) mengatakan, kedatangan mereka ke komisi I ini merupakan tindak lanjut atau konsitensi atas aksi mereka yang berlangsung di Banjarmaisn belum lama tadi. Bahkan kali ini mereka menyertakan warga Desa Sungai Pinang untuk menyampaikan keluhan ke komisi I.

“Kami turun kelapangan, kami observasi, dan wawancara dengan masyarakat. Dana CSR nya juga tidak dinikmati masyarakat. Dan kita juga memiliki semua data-data. Dan data yang kami miliki dapat kami pertanggung jawabkan,” ujarnya.

Pihakanya juga meminta, Lanjut Aliansyah, kepada DPRD Kabupaten Banjar agar segera menyelesaikan permasalahan di PD Baramarta. Agar sayogyanya dapat benar0benar bermanfaat untuk masyarakat dan dapat menunjunag Pendapatan Asli Daerah (PAD)

BACA JUGA :  Ingat! Mulai 14 Januari 2024, Jalan Ahmad Yani Martapura Ditutup Saat Haul Guru Sekumpul

“Kita menemukan adanya kecurangan, seperti jual beli saham, jual beli SPK. Bahkan yang terparah hasil jual beli itu dinikmati oleh oknum-oknum tertentu,” katanya.

Sementara salah seorang warga Desa Sungai Pinang Syamsir, yang mengatakan, selama ini masyarakat di Desa Sungai Pianang tidak merasakan manfaat atas keberadaan tambang PD Baramarta.

“ Dana CSR baramarta tidak pernah kami rasakan, bahkan kami tidak pernah diikut sertakan bekerja. Sungai juga sekarang sangat tercemar oleh limbah tambang baramarta,” Ucapnya.

Ditambahkan Syamsir, pihaknya bersama masyarakat lain juga pernah menyerahkan proposal pengajuan bantuan untuk perbaikan musala di desa tersebut ke PD Baramarta, namun hingga kini proposal itu tidak pernah ditanggapai oleh pihak PD Baramarta.

BACA JUGA :  Realisasikan Usulan Warga Aranio, Disperindag Banjar Latih IKM Kuasai Anyaman Rotan dan Purun

Sementara Humas PD Baramarta Haris Ardjan yang dikonfirmasi melalui seluler mengatakan, bahwa pihaknya selama ini telah membantu masayrakat setempat.

“ PD Baramarta sudah memberikan beasiswa. Memberikan sapi qurban. Mendukung program budidaya madu kalulut. tambak ikan. pertenakkan ayam.kerajinan kue. bedah rumah. Dan lainnya. bahkan bukti datanya ada dan videonya ada juga,” ucapnya.

Semntara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar Zacky Hafizi mengatakan, pihaknya akan segera memanggil pihak PD Baramarta, untuk mengklarifikasi apa yang disampaikan oleh kawan-kawan LSM.

“Aapa yang disampaikan kawan-kawan LSM ini akan kita tampung, dan kita tindak lanjuti. Hari ini juga akan kita panggil pihak Baramarta,” Ujarnya.

Penulis M Sairi

Baca Juga