Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. POLDA Kalsel Tanam 2,930  Pohon.

POLDA Kalsel Tanam 2,930  Pohon.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM.BANJARBARU – Dalam rangka mendukung program penghijauan serta memperingati Hari Menanam Pohon Sedunia yang jatuh pada Jumat (10/01/2020) Pagi, dilokasi Tanah Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) Kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel yang dilakukan penanaman 2.930 bibit pohon.

 

 

“Kami mengapresiasi kegiatan penanaman pohon serentak yang dilaksanakan Polri pagi ini, apalagi hari ini 10 Januari 2020 bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Indonesia,” ujar Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam sambutannya.

 

Sahbirin noor yang akrab disapa paman Birin menjelaskan, Kegiatan penanaman pohon secara serentak ini diharapkan dapat menguatkan komitmen bersama dalam menuntaskan salah satu program revolusi hijau yaitu program yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kalimantan Selatan.

 

“Kita maknai sebagai bentuk antisipasi untuk dalam mengurangi resiko bencana alam seperti banjir maupun tanah longsor,” lanjut Paman Birin.

BACA JUGA :  Kapolda Kalsel Pamit Ke Tokoh Agama Di Kalsel

 

Diketahui bahwa selama kurang lebih 3 tahun ini Pemerintah provinsi Kalsel sangat serius untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup melalui gerakan revolusi hijau.

 

“Berhasil atau tidaknya gerakan ini tergantung pada partisipasi seluruh pihak mulai dari pemerintah di tingkat kabupaten/kota, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat, para aktivis lingkungan dan seluruh masyarakat Kalsel,”imbuhnya.

 

Sementara Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani turut mengatakan jika alam tidak dijaga kelestariannya, maka nantinya akan dapat memberikan dampak serius yang negatif, seperti banjir dan tanah longsor.

 

“Oleh karena itulah, melalui kegiatan ini pula, kami ingin memberikan contoh dan mengajak masyarakat untuk gemar menanam pohon dan menjaga kelestarian alam,” ungkapnya.

 

Sedangkan pohon  yang ditanam terdiri dari pohon Mahoni, Angsana, Trembesi, Sungkai, Sawo, Sirsak, Alpukat, Pete dan Jengkol.

BACA JUGA :  Wali Kota Banjarbaru Halal Bihalal Dengan 5 Tokoh Agama

 

“Harapannya, bibit pohon yang kita tanam, nantinya akan dapat dimanfaatkan atau memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya bagi anak dan cucu kita dimasa depan,” Jelas Yazid Fanani

 

Untuk diketahui, sebanyak 920 personel TNI – Polri hadir dalam kegiatan menanam 2390 bibit di lokasi tanah polri polda Kalsel, dan lahan Polda Kalsel yang ditanami ribuan pohon tersebut nantinya akan dibangun Mako Polda dalam waktu dekat sembari menunggu pohon yang ditanam sudah mulai tumbuh.

 

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani turut hadir juga Danrem 101/Antasari, Danlanud Sjamsuddin Noor, Danlanal Banjarmasin, Dandim 1006 Martapura, Dinas Kehutanan Kalsel, Dinas Pertanian Kalsel, Polhut Kalsel, dan LSM Banjarbaru.

Penulis  Putri

Baca Juga