Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Pemkot Banjarbaru  Akan Gelontorkan Ratusan  juta, Untuk Atasi Banjir Cempaka.

Pemkot Banjarbaru  Akan Gelontorkan Ratusan  juta, Untuk Atasi Banjir Cempaka.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM.BANJARBARU – Selain faktor curah hujan yang sangat tinggi intensitasnya, juga diduga  karena tidak kesiapan infrastruktur dalam menghadapi musim hujan, sehingga musibah banjir yang merendam ratusan rumah warga  di Cempaka pada waktu lalu, tak dapat terhindarkan.

Pasalnya Sungai Kuranji tidak mampu menampung debit air yang tinggi dan embung Cempaka yang dicanangkan dapat menampung air tidak berfungsi normal, serta hilangnya resapan air yang ada di Cempaka karena alihfungsi lahan hutan menjadi perumahan dan perkantoran membuat melubernya air dan terjadilah banjir.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarbaru, Subrianto saat ditemui dikantornya pada (09/01/2020) mengatakan,  bahwa Permasalahan utamanya adalah bocornya aliran sungai yang ada diwilayah tersebut.

BACA JUGA :  Lapas Kelas II Banjarbaru Batasi pengunjung Tahanan

“Embung itu kan diharapkan agar mengantisipasi banjir. Karena pendangkalan sungai, otomotis airnya tak dapat langsung ke embung tapi meluber ke permukiaman warga”jelas Subrianto.

Dikatakan Pendangkalan sungai dan embung juga disebutkannya ikut menjadi faktor banjir. Untuk itu, pada program 2020 pihaknya sudah memasukkan anggaran untuk normalisasi sungai dan pengerukan embung Cempaka.

Ia kembali menegaskan bahwa hal tersebut telah ada upaya sejak 2019 dan menunggu anggaran pada tahun 2020 tapi nyatanya sebelum terealisasi banjir datang terlebih dulu.

BACA JUGA :  HUT TNI AL ke 76, Lanal Banjarmasin Gelar Serbuan Vaksinasi

“Untuk pendalaman embung Cempaka dan normalisasi sungai akan dilaksanakan pada tahun ini , dan kegiatan tersebut menunggu anggaran dulu,”Ungkapnya.

Untuk normalisasi sungai dan pengerukan embung itu, pemerintah Kota Banjarbaru Kembali menghabiskan ratusan juta untuk sungai dan embung dapat berfungsi dengan normal.

“Untuk anggaran normalisasi air sebanyak 200 juta rupiah dan 400 juta rupiah untuk pengerukan kedalaman embung,”jelasnya.

Subrianto berharap dengan dilakukan pendalaman embung dan normalisasi sungai yang dilakukan tahun ini, bisa meminimalisir banjir di wilayah Cempaka.

Penulis  Putri.

Baca Juga