Tambah Reyot dan Mau Ambruk, Koramil Gambut Bedah Rumah Kai Anwar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLIN9.COM, MARTAPURA – Kai Anwar tersenyum lebar. Rumah reyot miliknya berhasil di rehabilitasi oleh Koramil-08/Gambut. Di usia senja, sekitar 62 tahun, gubuknya di Jalan Pemanjatan RT 05/03 Kelurahan Gambut, Kecamatan Gambut lebih layak huni.

Sejatinya, sebelum pembangunan, seluruh proses pembongkaran berlangsung dramatis. Rumah Kai Anwar dibongkar paksa dan sangat cepat oleh anggota Koramil-08/ Gambut, Kecamatan, Satpol PP, dan Tagana, serta masyarakat.

Awalnya, Kai Anwar sangat kaget, namun akhirnya baru sadar, aksi kemarin (2/10) siang bagian dari program bedah rumah. Pasalnya, rrumah yang dihuninya selama puluhan tahun tidak layak huni.

BACA JUGA :  Sampah Sungai Martapura Mulai Dibersihkan.

Kapten Cpl Bagus Rijayatmo mengatakan, niat membantu Kai Anwar telah tercetus sejak lama. Terutama perbaikan rumahnya, siapa saja yang menyaksikan bangunan gubuk reyot tersebut pasti tersentuh. Apalagi Kai Anwar tinggal sebatang kara.

Menurut Kapten Bagus, bedah rumah kali ini dalam rangka menyambut HUT ke73 TNI Tahun 2018. Sasaran utama kerja bakti langsung tertuju ke rumah Kai Anwar, pria renta tersebut dinilai tidak mampu, hidup dari belas kasihan warga sekitar.

BACA JUGA :  Rawat Kebersihan Jelang Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul

“Alhamdulillah, inisiatif tersebut berhasil, dana hasil swadaya murni dari masyarakat bisa kita wujudkan,” terang Bagus.

Rehab rumah Kai Anwar, kata Bagus dibagi dalam dua tahap. Hari pertama menyelesaikan pembongkaran dan membersihkan lingkungan rumah. Selanjutnya semua anggota Koramil, babinsa, dan warga mengerjakan bersama-sama bedah rumah.

Kai Anwar mengaku gembira. Selama proses rehabilitasi rumahnya, dirinya mengungsi ke tempat tetangga sambil menunggu pengerjaan rumah selesai. Tempat tinggalnya, terang Kai mengalami bocor, tiap malam kedinginan, banyak nyamuk karena dinding bolong-bolong.(MAS)

Baca Juga