Stop Ekploitasi Terhadap Anak Dibawah Umur.

HEADLINE9.COM, BANJARBARU-Agar tidak ada lagi anak yang diekploitasi Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pengendalian Masyaraka, Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk,Kb,PMP dan PA)  melakukan operasi gabungan bersama Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarbaru, Pada Jumat (13/03/2020).

Hasilnya sebanyak empat orang anak yang sedang berdagang diamankan oleh petugas gabungan. Dan diberikan sosialisasi.

Selain mencegah terjadinya ekploitasi terhadap anak dibawah umur, Operasi tersebut juga dalam rangka percepatan terwujudnya kabupaten atau kota lyak anak khususnya di kota banjarbaru.

“Agar tidak ada lagi anak yang diekploitasi,  seperti pedagang anak dan jenis lainnya karna ini suatu tindakn kekerasan secara tidak langsung,” ucap salah satu Staf  di seksi Perlindungan perempuan dan anak Didisdalduk KB PMP & PA kota Banjarbaru, Gusti Siti Patimah Am.Keb.

Dikatakan Gusti, ke empat anak yang diamankan itu oleh petugas dikembalikan kepada orang tuanya. sebelmnya diberikn sosialisasi terkait perda kota layak anak, dan orang tua menandatangani pernyataan agar tidak mengulangi hal tersebut kepada anak-anaknya.

“Tugas anak yang masih dibawah umur bukan mencari Nafkah,tetapi Belajar bermain dan istirahat yang cukup untuk bekal menjadi  generasi yang lebih Baik,” katanya.

Ditambahkannya, pihaknya akan selalu memberikan sosialisasi, dan pemantauan terus menerus yang bersifat preventif.

“Ya kebanyakan mereka beralasan faktor ekonomi yang  mendasarinya memperkerjkan anaknya,” tutupnya.

Penulis: M Sairi

BACA JUGA :  Balon Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin Mundur dari Pilkada