Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Dishut Kalsel
  4. »
  5. Tim Persemaian Permanen Kembali Eksplorasi Kahung

Tim Persemaian Permanen Kembali Eksplorasi Kahung

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM.BANJARBARU – Dipimpin Manajer Persemaian BPTH, Akhmad Effendi, Tim Eksplorasi Dipterokarpa selama 3 hari, Senin hingga Rabu (24/3) lalu,  melakukan eksplorasi tanaman hutan di kawasan Kahung, Desa  Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

Sebelum melaksanakan kegiatan, Kasi Produksi dan Peredaran Benih, Paidil seperti biasanya memberikan arahan teknis kepada tim. Menurutnya,  kegiatan eksplorasi harus selalu dilakukan karena simpul kegiatan produksi benih. “Kegiatan ini agar selalu dikerjakan semaksimal mungkin. Usahakan untuk mendapatkan anakan atau biji dipterokarpa dan jenis lain sebanyaknya,” pintanya.

BACA JUGA :  Pemko Banjarbaru Sampaikan LKPJ 2020 Kepada DPRD

Kembali, giat kali ini dilaksanakan saat cuaca hujan. Akibatnya, jalan menuju lapangan sulit dan lambat. Dengan menggunakan motor trail tim berangkat dari persemaian permanen menuju lokasi eksplorasi di Kahung.

Di sana, telah menanti pemandu lokal dari masyarakat untuk membantu jalannya kegiatan. Selama 3 hari, tim menjelajahi kawasan hutan hujan tropis Kahung yang bermedan terjal.

Dari hasil eksplorasi, didapatkan berbagai jenis dipterokarpa dan rimba campuran sebanyak 2.831 anakan dan 5.339 biji.

BACA JUGA :  Martinus - Jaya Kantongi Tiga Parpol "Biru"

Manajer Persemaian, Akhmad Effendi menerangkan jenis yang teridentifikasi antara lain  Asam Rosa, Bayur, Bati-bati Gunung, Jumit, Kayu Gading, Kruing, Meranti putih, Pulatan, Simpur dan beberapa anakan lainnya.

“Ada pula jenis biji antara lain  Asam Rosa, Kebayau, Keruing, Maharangan, Meranti Putih, Pelawan Merah dan Sumpung,” tuturnya.

Perlakuan selanjutnya, dilakukan treathment di persemaian permanen. “Eksplorasi ini berjalan lancar. Terima kasih kepada tim eksplorasi,” tutup Fendi. (*)

Baca Juga