Sepuluh Cucu Bupati Banjar Ikut Imunisasi Rubella

0 Shares

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Setelah meluncurkan imbauan resmi, Bupati Banjar H Khalilurrahman kembali membuktikan keberpihakannya dengan imunisasi rubella.

Buktinya, 10 cucu Guru Khalil, panggilan Bupati Banjar diberikan diimunisasi di Mahligai Sultan Adam, Martapura. Kesediaan ini jadi bukti, bahwa imunisasi tersebut sangat penting untuk perkembangan anak.

Pemberian vaksin Measles-Rubella (MR) jadi kabar baik untuk seluruh anak di Kabupaten Banjar.

Pasalnya, Oktober ini masuk jadwal pemberian imunisasi untuk bayi setelah sebelumnya diberikan kepada anak-anak yang bersekolah.

Sebelum pemberian imunisasi, juga dilakukan pemeriksaan kondisi anak untuk memastikan dalam kondisi sehat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Banjar Ikhwansyah, program imunisasi dimulai sejak usia bayi hingga masuk usia sekolah.

Melalui program ini, anak akan diberikan vaksin yang berisi jenis bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dinonaktifkan guna merangsang sistem imun.

Vaksin tersebut akan membentuk antibodi di dalam tubuh mereka, setelah terbentuk imunisasi bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus tersebut di masa yang akan datang.

”Imunisasi merupakan program pencegahan penyakit menular yang diterapkan dengan memberikan vaksin sehingga anak kita imun atau resistan terhadap penyakit campak dan rubella,” kata Ikhwansyah.

Ketua PKK Banjar Hj Raudhatul Wardiyah yang mendampingi cucu-cucunya mengajak orang tua di Kabupaten Banjar bersedia diberikan vaksin tersebut. “Saya ingin keluarga saya sehat, bebas dari penyakit MR, Kami bersedia cucu saya diberi imunisasi MR,” ujar Raudhatul Wardiyah.

Sedangkan Bupati Banjar H Khalilurrahman menyatakan, penyakit ini mirip dengan campak yang juga ditularkan melalui saluran pernapasan saat batuk atau bersin.

Penyebab penyakit Rubella adalah Virus Rubella, dan akan mati oleh sinar ultraviolet, bahan kimia, bahan asam dan pemanasan.

Rubella pada anak sering hanya menimbulkan gejala demam ringan atau bahkan tanpa gejala.

Gejala tersebut sering tidak terlaporkan, sedangkan Rubella pada wanita dewasa sering menimbulkan sakit sendi.

Rubella pada wanita hamil terutama tri-semester pertama dapat mengakibatkan keguguran atau bayi lahir dengan cacat bawaan.(MAS)

0 Shares

Terbaru

Tim Gabungan Temukan 8 Dari 10 Pekerja Tambang Dalam Keaadan Tak Bernyawa.

BATULICIN, Headline9.com - Selama empat hari Tim gabungan dari TNI Polri, Basarnas, Jhonline Rescue, BPBD dan Masyarakat setempat bekerja sama untuk melakukanevakuasi terhadap 10...

Api Nyaris Bakar Rumah Dinas Bupati Banjar

Headline9.com, MARTAPURA – Lalai, nyaris saja Rumah Dinas Bupati Banjar dilalap si jago merah. Untungnya api yang mau membesar tersebut dapat dipadamkan. Kejadian berlangsung...

Ketua DPD PSI Tanbu Gelar Silaturahmi Konsulidasi Dengan 12 DPC Dan Kader

BATULICIN Headline9.com- Ketua DPD partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tanah Bumbu menggelar silaturahmi dan konsolidasi dengan seluruh DPC dan Kader dari 12 Kecamatan bertempat di...

Kapolda Tinjau Polsek Martapura Timur

HEADLINE9.COM, MARTAPURA - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum meninjau kantor-kantor Polisi di Kalimantan Selatan yang terdampak banjir, Selasa...

Artikel Terkait

%d blogger menyukai ini: