Sepuluh Cucu Bupati Banjar Ikut Imunisasi Rubella

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Setelah meluncurkan imbauan resmi, Bupati Banjar H Khalilurrahman kembali membuktikan keberpihakannya dengan imunisasi rubella.

Buktinya, 10 cucu Guru Khalil, panggilan Bupati Banjar diberikan diimunisasi di Mahligai Sultan Adam, Martapura. Kesediaan ini jadi bukti, bahwa imunisasi tersebut sangat penting untuk perkembangan anak.

Pemberian vaksin Measles-Rubella (MR) jadi kabar baik untuk seluruh anak di Kabupaten Banjar.

Pasalnya, Oktober ini masuk jadwal pemberian imunisasi untuk bayi setelah sebelumnya diberikan kepada anak-anak yang bersekolah.

Sebelum pemberian imunisasi, juga dilakukan pemeriksaan kondisi anak untuk memastikan dalam kondisi sehat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Banjar Ikhwansyah, program imunisasi dimulai sejak usia bayi hingga masuk usia sekolah.

BACA JUGA :  Bina Kader PKK Sampai ke Desa

Melalui program ini, anak akan diberikan vaksin yang berisi jenis bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dinonaktifkan guna merangsang sistem imun.

Vaksin tersebut akan membentuk antibodi di dalam tubuh mereka, setelah terbentuk imunisasi bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus tersebut di masa yang akan datang.

”Imunisasi merupakan program pencegahan penyakit menular yang diterapkan dengan memberikan vaksin sehingga anak kita imun atau resistan terhadap penyakit campak dan rubella,” kata Ikhwansyah.

Ketua PKK Banjar Hj Raudhatul Wardiyah yang mendampingi cucu-cucunya mengajak orang tua di Kabupaten Banjar bersedia diberikan vaksin tersebut. “Saya ingin keluarga saya sehat, bebas dari penyakit MR, Kami bersedia cucu saya diberi imunisasi MR,” ujar Raudhatul Wardiyah.

BACA JUGA :  Kumpulkan 104 Inovasi

Sedangkan Bupati Banjar H Khalilurrahman menyatakan, penyakit ini mirip dengan campak yang juga ditularkan melalui saluran pernapasan saat batuk atau bersin.

Penyebab penyakit Rubella adalah Virus Rubella, dan akan mati oleh sinar ultraviolet, bahan kimia, bahan asam dan pemanasan.

Rubella pada anak sering hanya menimbulkan gejala demam ringan atau bahkan tanpa gejala.

Gejala tersebut sering tidak terlaporkan, sedangkan Rubella pada wanita dewasa sering menimbulkan sakit sendi.

Rubella pada wanita hamil terutama tri-semester pertama dapat mengakibatkan keguguran atau bayi lahir dengan cacat bawaan.(MAS)

Baca Juga