IPM Banjarbaru Tertinggi di Kalsel

Nadjmi Ungkapkan Saat Sidang Paripurna Hari Jadi

HEADLINE9.COM, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru menetapkan visi Mewujudkan Kota Banjarbaru Sebagai Kota Pelayanan yang berkarakter, visi tersebut ditetapkan pada Rapat Paripurna dalam rangkaian hari Jadi Kota Banjarbaru di gedung DPRD Kota Banjarbaru, Senin (20/4) siang kemarin.

Untuk mewujudkan visi tersebut ada beberapa poin yang diterjemahkan dalam pelaksanaannya seperti. Seperti mewujudkan sumber daya manusia yang terdidik, sehat, berdaya saing dan berakhlak mulia.

Juga meningkatkan penyediaan infrastruktur perkotaan yang merata, cerdas dan berwawasan lingkungan, serta memperkuat kemandirian, peningkatan kerjasama investasi, penyediaan prasarana dan sarana perekonomian, peningkatan kelembagaan dan peluang kewirausahaan.
Poin lainnya, melaksanakan reformasi birokrasi yang berorientasi kepada pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik berbasis teknologi informasi dan memperkuat cipta kondisi masyarakat yang aman, nyaman dan tertib.

Sedangkan untuk misi dapat dilihat dari capaian Pemko Banjarbaru seperti diantaranya, perkembangan indeks pembangunan manusia (IPM) pada 2019 mencapai angka 79,22, meningkat sebesar 0,39 poin, jika dibandingkan 2018 sebesar 78,83.

IPM Kota Banjarbaru merupakan yang tertinggi se-Kalimantan Selatan, jauh di atas IPM Provinsi Kalsel sebesar 70,72 dan di atas rata-rata IPM Nasional sebesar 71,92 pada 2019.

Serta perwujudan penyediaan infrastruktur yang cerdas dan berwawasan lingkungan dapat dilihat dari berkurangnya luasan wilayah kumuh di Kota Banjarbaru yang pada 2014 tercatat seluas 349,12 hektar dan pada akhir 2019, kawasan kumuh berkurang menjadi 83,34 hektar.

Pencapaian ini diraih melalui kolaborasi yang intensif antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, legislatif, dunia usaha/swasta, dan masyarakat yang menghasilkan komitmen bersama baik dari sisi pembiayaan maupun pelaksanaannya.

Infrastruktur kota juga terus diperbaiki terutama jalan utama dan lingkungan, saluran pembuangan air, jembatan, pembangunan RTH serta fasilitas umum lainnya.

BACA JUGA :  Ratusan Sembako Dibagikan Untuk Anak Panti dan Warga Disabilitas

Perwujudan dari meningkatkan kemandirian dapat dilihat dari perkembangan Kota Banjarbaru yang sangat cepat. Pertumbuhan ekonomi Kota Banjarbaru 2019 mencapai 6,93%. pertumbuhan ekonomi ini mengalami peningkatan sebesar 0,03 poin jika dibandingkan dengan tahun 2018 yang mencapai angka sebesar 6,90%.