Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. CEGAH PENYEBARAN COVID 19, YBM PLN BERIKAN BANTUAN KEPADA 16…

CEGAH PENYEBARAN COVID 19, YBM PLN BERIKAN BANTUAN KEPADA 16 LEMBAGA SOSIAL PANTI ASUHAN YATIM & DHUAFA

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
YBM PLN BERIKAN BANTUAN KEPADA 16 LEMBAGA SOSIAL PANTI ASUHAN YATIM & DHUAFA

HEADLINE9.COM,BANJARBARU – Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah memberikan bantuan kepada 16 Lembaga Sosial Yayasan Panti Asuhan Yatim & Dhuafa di Kota Banjarbaru dan Martapura, Kamis (16/04).

Sebanyak 15 Yayasan Panti Asuhan & Dhuafa serta 1 Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Nusantara (YKTN) mendapat bantuan dari YBM PLN berupa penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh bagian bangunan, alat kebersihan untuk cuci tangan serta bantuan berupa uang tunai atau sembako untuk masing-masing penghuni dan pengurus lembaga sosial.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalselteng, Sudirman mengatakan bantuan yang diberikan oleh YBM PLN merupakan bentuk kepedulian PLN untuk melindungi mereka yang berada di Lembaga Sosial tersebut agar terhindar dari penyebaran Virus Covid 19.

“PLN peduli dengan kondisi terkini terkait penyebaran Virus Covid 19, salah satunya yang menjadi sorotan kami melalui YBM PLN adalah ingin melindungi adik-adik Yatim & Dhuafa serta teman-teman di Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Nusantara agar terhindari dari Virus Covid 19”, jelas Sari.

Sudirman menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan melalui YBM PLN ini berasal dari zakat 2,5 persen seluruh pegawai muslim PLN yang setiap bulannya dikelola secara langsung oleh YBM PLN. Maka dari itu, penerima manfaat dari bantuan YBM tersebut sudah diseleksi dengan cara disurvey terlebih dahulu berdasarkan kelayakan dan sesuai dengan peruntukkannya.

BACA JUGA :  Pasca Banjir, Volume Sampah Meningkat

“Semua dana yang kami berikan kepada penerima manfaat ini merupajan hasil zakat 2,5 persen pegawai muslim PLN, alhamdulillah melalui YBM PLN sebagai pengelola, zakat pegawai PLN dapat disalurkan sebaik mungkin untuk penerima manfaat yang memang berhak menerimanya”, ungkap Sari.

Lebih lanjut Sudirman berharap bentuan yang diberikan melalui YBM PLN dapat bermanfaat dan digunakan sebaik mungkin oleh penerima manfaat untuk menjaga diri dengan baik, terutama selalu memperhatikan kebersihan dengan rajin mencuci tangan.

“Kami berharap semua penerima manfaat senang dengan bantuan yang diberikan ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu meringankan sedikit beban mereka. Yang terpenting semuanya sehat dan dapat menjaga diri dengan baik, rajin mencuci tangan agar terhindari dari Virus Covid 19”, pungkasnya.

Kepala Pondok Pesantren Raudhatun Nasyi’in Bajarbaru, Ustad. Hendry Admaja menyambut baik atas bantuan yang diberikan oleh YBM PLN, ia mengucapkan terima kasih atas kepedulian PLN yang sudah memberikan bantuan berupa penyemprotan cairan disinfektan di seluruh bagunan Pondok Pesantren serta memberikan santunan kepada anak-anak yatim dan dhuafa.

“Terima kasih banyak kepada pihak PLN Kalselteng dan YBM PLN. Kami sangat bersyukur meskipun di tengah wabah Covid 19 ini PLN masih menaruh kepedulian kepada anak-anak panti dan dhuafa. Kami hanya bisa membalas dengan doa semoga amal ibadah seluruh pegawai PLN Kalselteng dibalas oleh Allah dengan kebaikan dan mendapat berkah dan selalu dalam lindungan Allah SWT”, ungkapnya.

BACA JUGA :  Wali Kota Banjarbaru Rayakan Idul Fitri dengan Open House

Sebagai tambahan informasi, total bantuan yang disalurkan oleh YBM PLN untuk 16 Lembaga Sosial Panti Asuhan Yatim & Dhuafa ini adalah sebesar Rp. 367.350.000,00.

Rp. 24.000.000,00 dialokasikan untuk penyemprotan disinfektan dan penyediaan alat kebersihan cuci tangan, dan siasanya Rp343.450.000,00 merupakan bantuan langsung tunai dan atau sembako yang diberikan kepada 947 penerima manfaat, yang meliputi 842 Anak Asuh dan Pengasuh Panti, serta 105 orang di Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Nusantara (YKTN).

16 Yayasan Panti Asuhan & Dhuafa yang menerima manfaat bantuan dari YBM PLN terbagi menjadi dua lokasi, yakni 9 di Kota Banjarbaru dan 6 di Martapura.

Adapun 9 Yayasan Panti Asuhan & Dhuafa tersebut adalah sebagai berikut : (Yayasan Al Aqso – PP Hidayatullah, Panti Asuhan Akhlak Mulia, Yayasan Rumah Yatim – Arrohman Indonesia, Yayasan Raudatun Nasyi’in, Yayasan Sahabat Yatim Indonesia, Yayasan Cahaya Madinah, Griya Yatim & Dhuafa, Panti Asuhan dan Ponpes Al Fatih Wal-Imdad dan Asrama & Ponpes Yatim Dhuafa Wali Songo Putri).

Sedangkan 6 Yayasan Panti Asuhan & Dhuafa tersebut adalah sebagai berikut : (Panti Asuhan Al-Irsyad, Panti Asuhan Budi Dharma, Rumah Yatim & Dhuafa Putri Nahdatul Ulama, Yayasan Rumah Al Qur’an Yatim & Dhuafa, Rumah Yatim & Dhuafa Putri Muhammadiyah dan Rumah Yatim & Dhuafa Putra Muhammadiyah).(*)

Baca Juga