Pemkab Banjar Siapkan Dua Hektar Lahan Pemakaman Untuk Pasien Covid-19

headlne9.com, Martapuura – Pemerintah Kabupaten Banjar siapkan lahan pemakaman khusus untuk pasien covid-19, seluas 2 hektar, di Desa Tungkaran Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman, bersama dengan Juru Bicara Tim Gugus dr Diaduddin, sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Banjar, Kepala BPBD Kabupaten Banjar Irwan Kumar dan pejabat terkait serta kepala desa setempat melakukan peninjauan lokasi pemakaman untuk pasien covid-19 tersebut.

“Saya bersama dengan unsur terkait meninjau lokasi pemakaman ini dan juga diskusi dengan kepala desa. Akhirnya kita mendapatkan kesepakatan, dan lokasinya sudah disiapkan dan dibersikan dengan alat berat,” ujar HM Hilman yang juga Wakil Ketua Tim Gugus Tugas.

Lanjut Hilman, untuk tahap pertama ini disiapkan 3 lubang terlebih dulu, sehingga jika diperlukan sudah bisa melakukan pemakaman dengan cepat lancar.

Lokasi yang dipilih ini ujar Hilman, dipilih untuk tidak mengganggu lingkungan. Apalagi di kawasan tersebut teradi pertumbuhan yang cukup pesat.

Seperti diketahui, pemulasaran jenazah dengan standar covid-19 sudah ada standartnya dan aman, ada beberapa tahapan diantaranya dibungkus dengan plastik, di tempatkan dalam peti serta disemprotkan disinfektan.

Kekhawatiran masyarakat bahwa ini terjadi penyebaran tidak masalah karena pengamanan jenazah memenuhi standar. Jadi, awalnya dipakai lahan seluas 30×30 meter, disiapkan akses jalan masuk tersendiri ke kawasan pemakaman.

penulis Putri

BACA JUGA :  Asap Makin Tebal, 25 Ribu Warga Banjar Sakit Ispa