Sanem Ajarkan Cara Coblos Paslon ZR

headline9.com, BATULICIN-Agar masyarakat tidak salah mencoblos pasangan calon nomor urut 3, Zairullah Azhar – Muhammad Rusli, ketika di dalam bilik tempat pemungutan suara (TPS), 9 Desember 2020 mendatang, tim pemenangan mengedukasi caranya. Sejumlah warga diberikan simulasi cara mencoblos yang benar dan mengenali kertas yang bebas kecurangan akibat sudah tercoblos paslon lain.

“Ayo ibu bapak semua, perhatikan bagaimana cara mencoblos yang benar saat di dalam bilik. Seperti ini ya caranya, sebelum dicoblos, raba dulu kertasnya, apa masih utuh,” kata Sanem, warga desa Maduretno, kecamatan Karang Bintang didepan puluhan tetangganya yang menghadiri kampanye terbatas cawabup Muhammad Rusli, Senin (23/11).

Sanem mempraktekkan simulasi tahapan pemungutan suara, setelah mendapatkan edukasi dari Tim Koalisi Pemenangan ZR. Ia bersama tetangganya di RT.10 desa Maduretno, Daryoto didaulat untuk memahami proses pencoblosan. Agar saat didalam bilik 9 Desember mendatang sudah tidak bingung lagi.

“Yang paling penting, perhatikan dulu surat suara yang diterima dari petugas KPPS, normal atau tidak. Jika ternyata surat suaranya sudah tercoblos digambar satu paslon, langsung komplain, minta ditukar. Tujuannya untuk mengantisipasi kecurangan,” ucap Daryoto tegas didampingi Tim Koalisi Pemenangan ZR, Sarifah Santiansyah.

Menurut Sanem dan Daryoto, jika pemilih tidak teliti dan cermat ketika di dalam bilik, bisa saja suaranya tidak sah. Sehingga keduanya mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama mencegah adanya kecurangan dalam pilkada ini.

“Jika kita ingin memenangkan ZR, semua harus sepakat sebelum mencoblos nomor urut 3, pastikan dulu surat suaranya tidak rusak,” pungkas keduanya disambut riuh tepuk tangan warga yang hadir.

Simulasi serupa juga dilakukan masyarakat desa Manunggal, kecamatan Karang Bintang. Wahni Tulud dan Sartini diminta memberikan edukasi cara mencoblos yang benar. Aksi warga yang mendukung paslon ZR ini mendapatkan apresiasi cawabup nomor urut 3, Muhammad Rusli yang serius menyimak jalannya simulasi. Ia sangat bersyukur diberikan kepercayaan untuk memimpin Tanah Bumbu diperiode mendatang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua warga yang dengan antusias memberikan dukungan kepada ZR. Kami pastikan, setelah terpilih nanti, semua usulan dan aspirasi masyarakat akan ditindaklanjuti dan direalisasikan secara bertahap. Bagi kala prioritas diutamakan,” kata Rusli di sejumlah titik kampanye di kecamatan Karang Bintang.

Sementara anggota Tim Koalisi Pemenangan ZR, Akram Sadli, dalam orasinya mendampingi cawabup M. Rusli mengatakan, masyarakat kabupaten Tanah Bumbu harus jeli memilih figur seorang pemimpin. Jangan sampai gara-gara salah memilih, kedepan nasib daerah akan kurang baik. Ia mensinyalir ada pihak yang menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan kekuasaan atau jabatan.

“Warga harus lebih jeli dan hati-hati dalam memilih pemimpin. Pilih yang pantas dan mampu memimpin masyarakat Tanah Bumbu kedepan yang lebih baik,” katanya.

Wakill Ketua Bidang Eksekutif DPD Partai Nasdem Tanah Bumbu ini, paslon nomor urut 3, Zairullah Ashar dan M. Rusli (ZR) dalam melakukan kampanye secara sehat dan jual visi misi serta program kerja.

namun ketatnya pertarungan memperebutkan hati pemilih tanggal 9 desember 2020 nanti, mengemuka hembusan berita-berita hoax sering kali jadi senjata perebutan suara. Paslon nomor 3 tidak lepas dari terpaan berita hoax, Zairullah Azhar disebut hanya akan menjabat setengah masa jabatan.

“Ada yang menyebarkan informasi bahwa Zairullah hanya menjabat setengah masa jabatan kemudian akan diserahkan kepada wakil bupati, ini berita hoax, menyebarkan informasi yang tidak benar, sungguh ini upaya menjatuhkan lawan yang tidak sehat,” tandasnya.

Ia mendorong semua pihak, baik paslon, tim pemenangan maupun relawan agar bersikap jantan dalam kontestasi pilkada Tanah Bumbu 2020 ini. Jangan menggunakan cara-cara batil, tidak sehat dan zolim.

“Bagaimana mau jadi memimpin yang baik jika hoax dijadikan senjata untuk menjatuhkan lawan,” tegasnya seraya menyebutkan jika dr. HM Zairullah Azhar akan jadi bupati sampai masa jabatannya berakhir.

Ia juga mengingatkan, masyarakat tidak tergoda dengan janji gombal dan memilih pemimpin yang hanya mampu memperkaya dirinya, tapi tidak mampu menyejahterakan rakyatnya.

“Mari tanggal 9 Desember 2020 kita ke TPS masing-masing, mencoblos nomor 3 jika ada yang menghalangi ke TPS laporkan,” ajaknya kepada masyarakat yang menghadiri kampanye dialogis M. Rusli.

Diakhir orasinya, Akram mengatakan, ZR akan memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap kelompok tani karet dan sawit agar produk tani memiliki kualitas baik dan membuat kebijakan yang akan menjaga harga karet dan sawit, terlepas dari pengaruh harga pasar dunia.

“Kita ingin petani-petani kita memiliki hasil tani yang berkualitas dan lahan yang luas sehingga hasilnya mampu mensejahterakan para petani, sehingga menyekolahkan anak-anak mereka, membantu keluarganya, bahkan beli mobil jika cukup uangnya,” pungkasnya menutup orasi.

Dalam safari kampanye terbatas M. Rusli di Karang Bintang, semua warga menyatakan dukungan akan memilih dan memenangkan paslon ZR. Untuk memberikan keyakinan kepada paslon, mereka menggelar deklarasi dan ikrar kesetiaan mencoblos nomor urut 3, dan menjamin tidak akan tergoda iming-iming kelain hati. *