0 Shares

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Evaluasi penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) telah sampai pada tahap wawancara. Hal itu merupakan kelanjutan setelah sebelumnya sekitar 130 Instansi pemerintah melakukan rapat persiapan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H.M. Hilman dalam hal ini sebagai Penanggungjawab/Surpervisor mengatakan, bahwa indeks SPBE Kabupaten Banjar dari tahun 2018 telah menunjukkan peningkatan.

“Di 2018 dari indeks 1,94%, kemudian 2019 meningkat dengan indeks SPBE 2,4%, dan 2020 indeks SPBE kembali naik 3,65%,” ujar HM Hilman, saat digelarnya Wawancara Evaluasi Pelaksanaan PSBE, di Mahligai Sultan Adam, lantai 1 dan Command Center Barokah Martapura.

Dijelaskannya, tahapan evaluasi telah di laksanakan dan di ikuti mulai dari sosialisasi pada bulan Juli lalu, evaluasi mandiri pada bulan Juli – Agustus 2020, tahapan evaluasi dokumen pada bulan September 2020.

“Dan tahapan wawancara pada hari ini, yang dilaksanakan oleh tim evaluator eksternal dari KemenPan RB, dan nantinya tahap laporan di bulan November sampai dengan Desember 2020.” ungkapnya.

Adapun Matrik Kesesuaian Indikator Evaluasi SPBE Tahun 2020 yang menjadi bahan materi wawancara sesuai Permen PANRB Nomor 05 Tahun 2018 berjumlah 37 point indikator.

Aspek penilaian dalam evaluasi ini antara lain dari aspek regulasi dan kebijakan terkait sistem elektronik, alur kerja dan aplikasi yang ada dan dirangkum dalam pertanyaan disertai dengan bukti pendukung.

Kegiatan wawancara evaluasi SPBE secara virtual tersebut diikuti sejumlah instansi, sebagai  upaya mewujudkan pengelolaan pemerintahan yang lebih baik, guna mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. (ptr)

0 Shares