Stabilkan Harga LPG, Disperindag Gelar Operasi Pasar

headline9.com, MARTAPURA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar bersama Pertamina menggelar operasi pasar elpiji 3 kilogram.

Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari berturut-turut, 28 – 31 Oktober 2020. Sebanyak 7.840 tabung elpiji bersubsidi disiapkan dan dijual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) di 9 wilayah kecamatan.

Seperti Kecamatan Gambut, Aluh-aluh, dan Simpang Empat di hari pertama. Di Kecamatan Gambut operasi pasar digelar di dua tempat; kantor kecamatan dan kantor Desa Melintang dengan total tabung 840 tabung.

Begitu pun di Kecamatan Aluh-aluh, 840 tabung dijual sesuai HET di dua tempat; Desa Aluh-aluh Besar dan Simpang Warga. Sedangkan di Kecamatan Simpang Empat, 560 mendapat jatah 560 tabung. Operasi pasar dipusatkan di kantor kecamatan setempat.

Hari kedua, giliran warga di wilayah Kecamatan Martapura. Operasi pasar dipusatkan di dua lokasi; Kelurahan Tanjung Rema dan Sekumpul dengan jumlah tabung masing-masing 560 tabung. Jadwal operasi pasar lebih padat lagi, dengan 8 lokasi. Yakni, di Desa Inderasari Kecamatan Martapura, kantor Kecamatan Astambul, kantor Kecamatan Sungai Pinang, dan tiga tempat di wilayah Kecamatan Martapura Barat; kantor
kecamatan, Desa Panggalaman, dan Desa Keliling Benteng Tengah.

Sedangkan selanjutnya, operasi pasar dilaksanakan di empat tempat; Kelurahan Jawa dan Sungai Paring di Kecamatan Martapura, Karang Intan, dan Mataraman.

“Operasi pasar elpiji 3 kilogram yang dilaksanakan bersama pihak Pertamina ini sebagai upaya stabilisasi harga dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW,” kata Jimmy, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan.

Menurut Jimmy, tabung elpiji yang disiapkan pihak Petamina cukup banyak. Begitu pun lokasi kegiatan operasi pasar yang dilaksanakan di 9 wilayah kecamatan. dengan dilaksanakannya operasi pasar diharapkan dapat meredam gejolak harga elpiji di tengah masyarakat.

Karena diakui Jummy, permintaan masyarakat meningkat saban bulan Maulid dikarenakan banyaknya kegiatan keagamaan digelar warga memperingati hari kelahiran Nabi. “Kepada pihak Pertamina kami sampaikan terimakasih atas terlaksanakannya kehiatan operasi pasar ini,” kata Jimmy. (lin)