Wakil Bupati Kapuas Ikuti Vidcon : Terkait Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

HEADLINE9.COM,  Kuala Kapuas – Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor mengikuti rapat koordinasi melalui Video Conference dengan Mendagri dan Menteri Kesehatan terkait kesiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan penegakan protokol kesehatan. Di Bappeda, Selasa, 5 Januari 2021.

Rakor tersebut dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian didampingi Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, Kepala Satgas Covid-19 Nasional, Doni Monardo dan Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono.

Rapat virtual itu juga dihadiri oleh Gubernur se Indonesia, Bupati/Wali Kota se Indonesia.

Sementara di Kapuas Wakil Bupati HM Nafiah Ibnor didampingi Sekda Septedy, Kepala Dinkes, Apendi dan Direktur RSUD dr. H Soemarno Sosroadmodjo Kuala Kapuas dr. Agus Waluyo.

Dalam arahannya Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa Indonesia menargetkan 180 Juta vaksinasi dan satu vaksin dikalikan dua menjadi 360 Juta serta pencadangan vaksin sebanyak 15 Persen.

“Untuk itu Indonesia membutuhkan vaksin kurang lebih sebanyak 426 juta dosis,” kata Budi Gunadi Sadikin.

Rencananya akan dilakukan penyuntikan Vaksinasi secara serentak pada Tanggal 13 Januari 2021 yang ditandai langsung dengan divaksinnya Presiden RI Joko Widodo.

Kemudian diiikuti para pejabat Pemerintah Pusat, dan dilanjutkan vaksinasi untuk Kepala Daerah Provinsi/Kabupaten se Indonesia.

Untuk gelombang pertama vaksinasi akan dilakukan dari bulan Januari-April 2021 dengan target 1,6 juta tenaga Kesehatan dan 17,4 juta Petugas Publik dengan usia dibawah 60 tahun.

Sedangkan pada kelompok usia diatas 60 tahun akan divaksinasi setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin.

Sisanya untuk gelombang kedua pada bulan April 2021- Maret 2022 akan dilakukan vaksinasi kepada kelompok masyarakat rentan atau di daerah dengan resiko penularan tinggi 63,9 Juta dan masyarakat lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin 77,1 Juta dosis.

Sementara Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor berharap meski telah divaksinasi nantinya masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan, hal tersebut karena hanya dengan vaksinasi corona tidak bisa hilang begitu saja.

“Semoga nanti masyarakat dan seluruh pejabat Pemerintah Daerah akan divaksinasi agar menurunkan angka Covid-19 di Kabupaten Kapuas,” ucap dia.

Ia mengapresiasi masyarakat Kapuas karena telah menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-harinya serta telah disiplin terhadap kepatuhan penerapannya. (Ags)

TERBARU

TNI AL – Lanal Banjarmasin Jalani Hari Kelima Gelar Serbuan Vaksinasi di Sungai Tabuk...

0
HEADLINE9.COM, BANJARMASIN - Sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalsel, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin terus menerus menggelar program Serbuan...

KPM PKH Banjarbaru Mulai Terima Bantuan Sejak PPKM Diberlakukan

0
HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Bantuan beras 10 kilogram dari Pemerintah sebagai dampak dari Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV. Adapun jumlah bantuan...

Bappedalitbang Jaring Inovasi SKPD Banjar

0
HEADLINE9. COM, MARTAPURA – Bappeda Litbang Kabupaten Banjar tengah melakukan penjaringan inovasi yang dilakukan oleh setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup...

Kabupaten Banjar Siapkan Kemungkinan PPKM

0
HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar menyiapkan kemungkinan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal ini mengemuka dalam rapat koordinasi mingguan yang...

Penyekatan Ditiadakan Hanya Ada Pemeriksaan Surat Menyurat

0
HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di Kota Banjarbaru nampak seperti hari hari biasanya, Senin (26/7).

TAG TERKAIT