Kirab Santri Tahun 2018 Lebih Meriah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Kirab Santri Rabu (24/10/2018) malam. Start di halaman Masjid Al Karomah Martapura dan berakhir di RTH Ratu Zalecha Martapura.


Kirab dalam rangka memperingati hari santri di ikuti sebanyak 25 grup. Aku dilepas langsung oleh Bupati Banjar H Khalilurahman.

“Alhamdulillah peserta Kirab Santri tahun ini sangat banyak. dalam satu grup itu ada yang sampai seratus orang, “ujar Kepala Disbudpar Haris Rifani.


Dia juga menambahkan, dengan adanya Kirab Santri ini bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat, bahwa setiap tanggal 22 Oktober dilaksanakan peringatan hari santri nasional.


“pertama kita memeriahkan hari santri, dan kedua mengabarkan kepada masyarakat bahwa 22 Oktober sudah jadi agenda rutin tahunan sebagai hari santri, “ katanya.

BACA JUGA :  Koordinasi antar Instansi, Kapolres Banjar Terima Kunjungan Kepala LPKA Martapura

dengan adanya kirab santri ini, masyarakat yang dikabupaten banjar mengetahui bahwa pada setiap 22 oktober dilaksanakan peringatan hari santri yang juga merupakan even tahunan disbudpar kabupaten banjar,”ungkapnya.

Tiap tahun selalu dievaluasi serta membuat aneka lomba yang lebih meriah tapi tetap bernuansa islami. Dikatakan Haris, pada perayaan Hari Santri tahun 2018 ini mengalami peningkatan, dan lebih meriah di banding tahun sebelumnya. Salah satunya, dan ada peningkatan jumlah pondok.

Sementara Bupati Banjar H Khalilurahman mengatakan, kirab santri adalah satu upaya positif menggali semangat santri untuk persatuan dan kesatuan, serta menjadi sarana untuk mengungkit potensi kreatif para santri.

BACA JUGA :  Berhasil Ringkus Pembakar Lahan, Dandim Martapura Berikan Penghargaan kepada Anak Buahnya

“Para santri menjadi pilar penerus cita cita bangsa, bisa menjadi pelopor bagi dirinya, dan lingkungannya. Peringatan hari santri merupakan momentum untuk memperkukuh kedamaian Negeri di tengah masalah yang kita hadapi, ”katanya.

Dia juga menambahkan, diharapkan melalui hari santri ini, para santri dapat meningkatkan rasa Toleransi, cinta tanah air, dan bijak menghadapi masalah.

“jauhi informasi hoaks, dan menjaga NKRI. Mari bersama sama mewujudkan kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah.”tutupnya.(SAIRI)

Baca Juga