Dinilai Punya Beban Tugas Berat, Kepala Desa dan Aparatnya Dilindungi Asuransi Ketenagakerjaan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

HEADLINE9.COM, BARABAI -Seluruh kepala desa dan perangkat desa mendapat perlindungan asuransi ketenagakerjaan dari Pemkab Hulu Sungai Tengah.

Hal itu tertuang dalam kesepakatan Bupati HST dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjarmasin di Halaman Kantor Desa Banua Jingah, Kamis (25/10/2018) siang.

MoU bernomor 140/01/DPMD/X/2018 tersebut memuat tiga program yaitu kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan hari tua.

Tujuannya, memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.
Pelaksana Tugas Bupati HST, A

Chairansyah mengungkapkan, penandandatanganan MoU ini merupakan bagian amanah yang dilimpahkan Pemkab kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Pemerintah melindungi sekaligus memberikan pelayanan dari manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan bagi Pambakal dan perangkat desa.

BACA JUGA :  Kejari Banjarbaru Musnahkan Barang Bukti Sabu dan Ratusan Botol Miras

“Manfaat dan kegunaannya bisa meringankan beban dikemudian hari walaupun kejadian berkaitan dengan kecelakaan kerja dan kematian ini tidak diharapkan, “ kata Pak Anang, panggilan akrab Chairansyah.

Menurutnya, Pengabdian Pambakal dan perangkat desa itu sangat besar dan tidak mengenal batas waktu. terkadang juga harus melayani masyarakat sampai 24 jam, karenanya baik pada saat mengalami risiko kecelakaan kerja, kematian, maupun hari tua.

makanya, para pambakal dan aparat desa berhak mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Tambahnya lagi, melalui MoU ini pihaknya berharap seluruh pambakal dan perangkat desa yang ada di Kabupaten HST bisa terlindungi melalui program jaminan sosial tenaga kerja.

BACA JUGA :  Wali Kota Banjarbaru Buka Musrenbang RPJMD

“Ini bagian dari bentuk tanggung jawab pemerintah daerah bagi pambakal dan perangkat desa yang memiliki risiko saat mereka melaksanakan tugasnya di wilayahnya masing-masing”, kata Chairansyah.

Dalam kesempatan penandatanganan kerja sama itu, juga dilaksanakan gerakan menanaman pohon dalam rangka mendukung revolusi hijau di Kalsel.

Dan, peresmian Bumdes yang terbentuk di empat desa, serta dan lounching aplikasi pelayanan terpadu Si Padu Desa.
Sumber Humas Pemkab HST

Baca Juga