DPRD Banjarbaru Minta Pasar Bauntung Baru Dibenahi

HEADLINE9.COM, BANJARBARU- Memastikan kesiapan Pasar Bauntung baru di Jl. RO Ulin, Guntungmanggis, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Anggota DPRD Kota Banjarbaru datangi pasar tersebut, Kamis (18/2) siang.

Anggota Komisi III DPRD Banjarbaru, Nurkhalis Anshari, mengungkapkan pasar Bauntung relatif nyaman, dengan infrastruktur yang sudah bagus.

“Ada beberapa hal infrastruktur yang memang harus segera dibenahi, seperti saluran pembuangan air yang masih mampet, kondisi sirkulasi udara yang masih panas, dan ada bocor sedikit diatap,” ujarnya, Kamis (18/2).

Legislator PKS ini meminta, Pemerintah Kota Banjarbaru segera membenahi kekurangan fasilitas yang ada dipasar, dan memanfaatkan jangka waktu perawatan selama 1 tahun.

Lanjutnya, fasilitas lain yang belum tersedia namun dibutuhkan pedagang, seperti gantungan daging, penggilingan daging harus disiapkan pemerintah atau pengelola pasar.

“Sehingga pedagang di pasar itu merasa diperhatikan oleh pemerintah,” katanya.

Selain itu, terkait relokasi pedagang Pasar Bauntung baru, yang ditargetkan 28 Februari mendatang. Nurkhalis menegaskan, Pemko harus melakukan komunikasi yang intensif dan humanis dengan para pedagang.

“Agar nantinya pedagang bisa pindah secara bertahap dan berjualan dipasar tradisional modern yang telah siap untuk digunakan,” jelasnya.

Lebih jauh Nurkhalis mengungkapan, yang perlu diperhatikan jangan sampai relokasi bersifat memaksa. Demi merampungkan target relokasi pedagang, dan nanti malah menimbulkan konflik antara pedagang dan Pemerintah,” ucapnya.

Kemudian, untuk ketersedian dari kios, ruko, los basah dan los kering hanya 1.072. Sementara yang mendaftar sebanyak 1.132 pedagang.

“Lantas, bagaimana dengan sisa pedagang yang tidak mendapatkan lokasi berjualan?” katanya.

Melihat hal ini Nurkhalis meminta Dinas Perdagangan melakukan Validasi data yang tepat menjadi kunci data pedagang yang real.

“Ini yang masih diupayakan pendataan oleh Dinas Perdagangan, yang memang ada data tumpang tindih antara pemilik toko dengan sang penyewa,” ungkapnya.

Fraksi PKS ini mengajak seluruh masyarakat di Banjarbaru agar berbelanja dipasar tradisional modern di Bauntung Baru dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Diketahui, Pasar Bauntung yang baru mulai beroperasional sejak Selasa (16/2/2021), dengan ditandai Soft Opening oleh Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya.

Dalam kunjungan ke pasar Bauntung para wakil rakyat ini ditemani Kepala Dinas Perdagangan Abdul Basit.