Masalah Lahan Bayangi Pembangunan Waduk Riam Kiwa

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
USAI rapat bersama warga mengenai status lahan pembangunan waduk Rian Kiwa. FOTO IST

headline9.com, MARTAPURA – Untuk mereduksi banjir di Kabupaten Banjar, rencana pembangunan Waduk Riam Kiwa menjadi prioritas utama. Namun, masih ada masalah yang harus diselesaikan untuk membangun waduk tersebut, Rabu (24/2/2021)

Plh Bupati Banjar HM Hilman, mengungkapkan pembangunan bendung Riam Kiwa sudah direncanakan tahun ini. Hanya saja masih terkenda masalah lahan.

BACA JUGA :  Mobil Baca Keliling dengan Koleksi Lengkap Layani sampai ke Desa

Lanjutnya, masalah lahan ini terbagi dua, seperti status lahan terkait dengan pemegang IUPHHK PT Prima Multi, dan pernyataan kepemilikan warga sebagai tanah adat.

“Untuk masalah lahan terkait dengan IUPHHK ini memang sudah ada solusinya dengan pengajuan penghentian izin IUPHHK dengan alasan penggunaam hutan untuk kepentingan umum atau proyek strategis nasional,” ujar Hilman.

BACA JUGA :  Dinkes Kalsel Siap Bantu Percepatan Vaksinasi Kabupaten Banjar

Sedangka untuk masalah lahan yang terkait kepemilikan warga sebagai tanah ulayat solusi yang diambil adalah dengan memberikan santunan kepada warga dengan mekanisme Perpres 62 tahun 2018.

“Semoga saja semua masalah terkait lahan dapat diselesaikan dengan cepat sehingga pembangunan waduk Riam Kanan dapat dilaksanakan,” ujarnya. (nsh)

Baca Juga