Musrembang Sinergikan Prioritas Dalam Rencana Pembangunan

BATULICIN,headline9.com – Guna mensinergikan program pembangunan di daerah, pemkab dan DPRD Tanah Bumbu melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Simpang Empat, Senin 08/03/21.

Pejabat Sekretaris Daerah, Ambo Sakka membuka kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2022,adapun musrembang kali ini mengusung tema “Memantapkan SDM Produktif dan Berakhlak Mulia untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan”.

Musrenbang ini bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di kabupaten.

Menurut Ambo Sakka, musrenbang RKPD tingkat Kecamatan merupakan suatu rangkaian kegiatan penting dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Tanah Bunbu tahun 2022.

Kemudian, lanjutnya, secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi, guna mengoptimalkan hasil pembangunan di wilayah masing-masing.

“Musrenbang kecamatan merupakan salah satu rangkaian dalam rangka penyusunan RKPD di tahun 2022, yang diperlukan masukan dan usulan kegiatan dari masyarakat,” Kata Ambo Sakka.

Ia meminta kecamatan bisa menyinkronkan dengan Kabupaten agar tidak terjadinya miskomunikasi, alasannya periode kali ini kepala daerah cukup singkat.

“Periode bupati sekarang anggaran efektif itu dari 2021-2024, kita fokus ke program yang kita susun untuk tahun 2022, harus singkron dari desa, kecamatan dengan kabupaten,” ungkapnya.

Sementara Kasi Pemerintahan kecamatan Simpang Empat, Supiani menyebutkan, musrembang fokus ke perekonomian masyarakat. Kami berharap dukungan sepenuhnya kepada Pemerintah Daerah, DPRD, dan SKPD,” ujarnya.

Terpisah, Ketua DPRD Tanah Bumbu Supiansyah meminta Bappeda agar perencanaan anggaran tertata, sebab di setiap reses banyak warga mempertanyakan realisasi hasil Musrenbang tahun sebelumnya.

“Perda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah itu harus terencana agar selaras dengan visi misi bupati, paling lambat agustus kita sahkan,” terangnya.