Selamatan Tanam Padi Banjar Sapa dan Bawang Merah Desa Pejambuan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Bupati Banjar H Khalilurrahman menghadiri selamatan tanam padi ‘Banjar Sapa’ dan bawang merah dari Kelompok Tani Bina Guna, Desa Pejambuan, Selasa (30/10) siang. turut hadir Ketua PKK Banjar Hj Raudhatul Wardiyah, Wakil Ketua DPRD Banjar M Iqbal Khalilurrahman. Juga dari Dinas TPH Provinsi Kalsel, BPSB, BPP, Mantri Tani, Penyuluh Pertanian, dan KTNA.

Bupati Banjar H Khalilurrahman ikut bersyukur, uji coba  tanam bawang pertama berhasil, kemudian dilanjutkan kedua kalinya. Guru Khalil, juga menyambut baik dan mendukung kegiatan tanam perdana padi periode Musim Hujan 2018/2019. Acara seperti ini tegasnya mempunyai arti dan nilai penting meningkatkan produksi hasil pertanian.

BACA JUGA :  Kirim Bantuan, Sekda Banjar Lepas Relawan

“Kita tingkatkan indeks pertanaman, satu kali tanam menjadi dua kali setahun. Banjar adalah lumbung pangan di Kalimantan Selatan dengan gelar Kindai Limpuar,” kata Guru Khalil.

BACA JUGA :  Kemiskinan Kai Idang Kronis,,, Mengharap Belas Kasihan Warga, Rumah Mau Runtuh. Aparat Desa Bilang Kurang Akal

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar HM Fachry menjelaskan, sebagian petani masih menghadapi kendala untuk tanam dua kali setahun. Adalah normalisasi saluran pembuangan untuk mengantisipasi saat tanam musim kemarau dan hujan. Pasalnya, sebagian besar lahan pertanian di Banjar terendam bila memasuki musim hujan dan kekurangan air dan tiap memasuki kemarau mengalami kekeringan.(syafii)

Baca Juga