Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Pemko Banjarbaru Minta Kesiapan 9 RS Tangani Covid-19

Pemko Banjarbaru Minta Kesiapan 9 RS Tangani Covid-19

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, BANJARBARU -Melihat tingginya angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dalam pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV  kembali diperpanjang hingga 9 Agustus.

Hal ini membuat Pemerintah Kota Banjarbaru meminta seluruh Rumah Sakit (RS) di Kota Idaman agar siap dan ikut berperan serta dalam menangani Covid-19

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Rizana Mirza usai menggelar rapat bersama seluruh  RS Kota Banjarbaru yang di Aula Gawi Seberataan Pemko Banjarbaru, Selasa (3/8/2021) Siang.

“Hari ini rapat kordinasi menindaklanjuti rapat sebelumnya bersama RS di Banjarbaru, yang kami sampaikan kepada mereka  agar ikut atau berperan serta dalam menangani Covid-19,” katanya.

Di katakanya, bahwa  saat ini semua RS di Banjarbaru kini sudah menyatakan siap untuk menangani kasus Covid-19, bahkan Rizana Mirza mengatakan bahwa sudah ada beberapa RS  sudah melayani Covid-19.

BACA JUGA :  Pemkab Banjar Matangkan Persiapan Haul Guru Sekumpul.

“Semuanya siap, di Banjarbaru ada 9 RS termasuk swasta,  beberapa RS juga sudah melayani Covid-19, kemudian dalam bulan Agustus ini ada penambahan ruangan, dan saat ini sudah 75 persen yang berjalan,” Ungkapnya.

Akan tetapi, Rizana Mirza  sendiri meminta agar pelayanan Covid-19 dapat lebih ditingkatkan lagi bagi RS yang saat ini sudah melaksanakan penanganan.

Dijelaskanya, bahwa bukan rahasia lagi jika kasus kekurangan oksigen karena lonjakan Covid-19 yang  menjadi masalah di Indonesia saat ini.

“Kami meminta untuk dapat meningkatkan pelayanan termasuk penambahan ruangan, dan antisipasi oksigen yang saat ini menjadi masalah nasional,itulah kami mendorong di tiap RS agar bisa menyiapkan generator untuk membikin oksigen sendiri sehingga untuk penanganan tidak terhambat,”Jelas Rizana Mirza

Dan juga selain permasalahan oksigen, Rizana Mirza mengatakan bahwa saat ini  menjadi salah satu masalah di RS Banjarbaru ialah kekurangan tenaga kesehatan.

BACA JUGA :  Wali Kota Banjarbaru dan Kementerian PUPR Teken Naskah Hibah

“Iya ada kendalanya tenaga SDM, jadi kami menyarankan kalau bisa merekrut tenaga kesehatan kalau perlu per bulan melihat situasi kasus yang ada,”Tambahnya.

Diketahui, sejumlah RS di Banjarbaru yang siap menangani Covid-19 sebagai berikut:
1. RSU Syifa Medika Banjarbaru
2. RSU Nirwana
3. RSU Idaman Banjarbaru
4. RSU Mawar
5. RSU Permata Husada
6. RS TK IV Guntung Payung
7. RS Almansyur Medika
8. RSI Sultan Agung Banjarbaru
9. RS TNI AU Syamsudin Noor

Oleh karena ituu, atas kesiapan pihak RS selain RSD Idaman Banjarbaru, Rizana berharapan besar agar pasien Covid-19 dapat tertangani dengan baik.

“Ini adalah bentuk ikhtiar kita, kita juga harus bisa menciptakan suasana ketenangan bagi msyarakat, tentunya juga tetap dengan mematuhi Protokol Kesehatan,”tandasnya.

Baca Juga