Awal 2019, Monumen Adipura jadi Ikon Baru Kota Kandangan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry melakukan peletakan batu pertama pembangunan tugu Adipura di kawasan Simpang Lima, Jalan A Yani, Kandangan. Dengan diletakkannya batu pertama pembangunan tugu akan menjadi ikon baru ini resmi dimulai.

Bupati HSS, H Achmad Fikry mengatakan, pembangunan tugu ini merupakan semangat untuk melihat keberhasilan, sekaligus memberikan motivasi untuk mempertahankan Adipura sebagai lambang kebersihan kota.

“Di tugu Adipura nanti akan mencantumkan penghargaan Adipura tahun 1996, 2016 dan 2017. Jika dapat lagi juga akan dicantumkan,” ujarnya.

Adipura bukan suatu tujuan tetapi tujuan sesungguhnya adalah bagaimana kota di Kabupaten HSS terus bersih. “Tugu Adipura yang dibangun diharapkan menjadi pendorong dan penyemangat bagi generasi ke depan untuk lebih lagi menjaga kebersihan kota serta pernah mendapat penghargaan Adipura,” harapan Fikry.

BACA JUGA :  Tim Penilai LSS Kalsel Lakukan Penilaian Sekolah di HSS

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) MK Saputra menjelaskan bahwa tugu dibangun sebagai rasa syukur atas diperolehnya penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan secara berturut-turut sejak tahun 2016 dan 2017 tadi.

“Tugu Adipura ini juga sebagai motivasi untuk menjaga dan mempertahankan kota dan lingkungan yang bersih dan sehat atas diraihnya penghargaan (supremasi) di bidang kebersihan dari pemerintah pusat,” ujarnya.

BACA JUGA :  Danrem 101/Antasari Resmikan Jalan Penghubung Dua Desa

Kabid Pertanahan dan Prasarana Sarana Utilitas (PPSU) Dispera KPLH, Mahyuni mengatakan bahwa tugu Adipura dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp 888 juta lebih akan dilengkapi dengan air mancur dan lampu hias serta lima tiang bendera merah putih sebagai rasa cinta tanah air dan bangsa.

“Paling lambat tugu Adipura selesai dikerjakan akhir tahun,” pungkasnya. (mbu)

Baca Juga