Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Balangan Gali Potensi Daerah Berbasis Ekonomi

Balangan Gali Potensi Daerah Berbasis Ekonomi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, PARINGIN – Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, berupaya serius dalam mewujudkan perekonomian berbasis sumber daya alam atau potensi daerah.

Hal Itu terlihat dari kinerja para aparatur di kabupaten berjuluk Bumi Sanggam ini, yakni melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dengan menghadirkan 73 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari 154 desa yang ada di Kabupaten Balangan.

Demikian pernyataan itu disampaikan oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Urai Nur Iskandar, Rabu, (21/4/2021),dari 73 BUMDes, ada pertumbuhan sebanyak 44 BUMDes, 28 tahap berkembang, dan satu salam tahap maju.

Dikatakannya, untuk mendukung pertumbuhan hingga menjadi tahap maju, pihaknya akan melakukan pelatihan untuk memberdayakan dan mengembangkan keberadaan BUMDes yang ada di Kabupaten Balangan.

BACA JUGA :  Bumi Sanggam Berbangga, Gina Astuti Wakili Kalsel Pada Ajang PPAP 2022

“Kami akan mengadakan pelatihan dengan membuat kelas-kelas sesuai kebutuhan mereka , seperti desa yang sudah memiliki BUMDes akan di berikan teori tentang managemen dan keuangan, untuk desa yang akan membentuk BUMDes akan kami berikan teori tentang mekanisme pembentukan, dan untuk desa yang sama sekali tidak tertarik kita berikan teori tentang manfaat dan peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian desa,” ujarnya

Selain itu, selaras dengan Visi misi dari Bupati Balangan tentang pemberdayaan dan pengembangan BuMdes pihaknya akan melakukan kolaborasi dengan instansi terkait, dalam hal pengembangan unit usaha, serta bentuk kerja sama dan lain-lain akan di disesuaikan pada program selanjutnya

BACA JUGA :  Kontingen Balangan Wakili Kalsel di FORNAS ke - VI, Simak Pesan Abdul Hadi

Disebutkannya, kendala untuk pembentukan BUMDes, salah satunya terkait Sumber Daya Manusia (SDM) setempat.

“Kepala desa kesulitan mencari orang yang mau tapi memiliki kemampuan, dimana beberapa alasan yang diutarakan yakni ada yang mau tetapi tidak mampu dan sebaliknya mampu tetapi tidak mau,” imbuhnya.

Urai menjelaskan, dengan kemajuan BUMDes, akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan BUMDes itu sendiri nantinya lebih meningkatkan perannya.

“Banyak hal yang bisa di gali untuk meningkatkan BUMDes demi ekonomi kerakyatan, diantaranya dengan memanfaatkan wisata desa atau apa saja dalam rangka meningkatkan perekonomian desa,” tambahnya

Baca Juga