Berburu Durian ke Karang Intan, Ini Daftar Duren Terkenal Enak…!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit
Ekspose : Bupati Banjar H Khalilurrahman saat pendaftaran varietas durian ke Jakarta

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Kecamatan Karang Intan kaya dengan aneka hasil bumi. Selain tanaman padi, Karang Intan merupakan sentra pengembangan buah-buahan khususnya durian.

Banyak varietas unggulan yang dihasilkan dari kecamatan ini, yang sekarang sudah terdaftar di pusat perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian di Jakarta.

Contohnya, si Bamban Birin, Dodol Mascinta, si Gantang 88, si Hintalu, si Gading Abirau, si Penyangat Kuning, si Kuning Janar, si Idangan Biih, si Dodol dan si Japang. Pasalnya,  secara agroklimat dan topografi kecamatan karang intan sangat cocok untuk pengembangan tanaman durian.

BACA JUGA :  Saidi Mansyur Dilantik Ketua Mabicab Pramuka Banjar

“Tentunya harus kita pertahankan, jangan sampai durian yang menjadi kebanggaan punah,” tegas Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar HM Fachry, kemarin.

BACA JUGA :  Jalan Paving Ambruk Pelan-Pelan, Pemkab Banjar Koordinasi ke Provinsi

Pihaknya terus mengembangkan kelembagaan kelompok tani di kecamatan karang intan yang berhasil terdata sebanyak 221 kelompok. Dari mereka inilah varietas lokal dan hasil pertanian serta perkebunan selalu abadi.  Tiap kelompok, tegasnya biasanya diisi 25 petani dengan potensi lahan beragam, biasanya antara 100-200 ha.

Baca Juga