Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. advertorial2
  4. »
  5. Sajian Sup Kulit Semangka dan Bandeng Labu, Hantarkan Tanah Bumbu…

Sajian Sup Kulit Semangka dan Bandeng Labu, Hantarkan Tanah Bumbu Raih Juara Lomba Menu Serba Ikan Tingkat Provinsi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

BATULICIN,headline9.com – Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) Juara Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Plt. Kepala Dinas Perikanan Tanbu, Yulian Herawati mengatakan pada lomba masak serba ikan tersebut Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti 3 (tiga) kategori yakni menu keluarga, menu kudapan, dan menu balita.

“Alhamdulillah Tanah Bumbu meraih juara 1 menu balita, dan juara 3 menu keluarga,” ucap Yulian, Jum’at (26/11/2021).

Dikatakan Yulian, juara 1 menu balita ini merupakan yang pertama kalinya diraih oleh Kabupaten Tanah Bumbu sejak sekian kali lomba digelar.

Adapun lomba masak serba ikan ke-18 tingkat provinsi di gelar di Banjarbaru dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang diperingati setiap tanggal 21 November, untuk Tahun 2021 mengangkat Tema “Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul”.

BACA JUGA :  Jum'at Berkah DWP Tanbu Berbagi di Bulan Ramadhan

Pada Puncak Peringatan Hari Ikan Nasional ke-8 tanggal 25 November 2021, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menggelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalsel di Aula BPSDM Ambulung Kota Banjarbaru, bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 13 Kabupaten/Kota dirangkai dengan kegiatan Makan Ikan Bersama dan Gelar Produk Unggulan Daerah untuk Hasil Olahan Perikanan dari tiap Kabupaten/Kota.

Dalam lomba masak tersebut Ketua Dewan Juri Chef Agus Sasirangan memberikan catatan dalam penilaian Lomba yaitu menu yang ditampilkan harus inovatif, mudah dibuat sehingga bisa diterapkan oleh masyarakat.

“Jadi tidak perlu dari bahan yang mahal. Perlombaan ini tidak hanya sekedar kompetisi namun juga harus disosialisasikan kemasyarakat,” ujar Yulian.

BACA JUGA :  Bupati Tanbu Hadiri Lepas Sambut Kepala KSOP Tanbu 

Sementara itu, Chef Agus Sasirangan sangat mengapresiasi inovasi dari perwakilan Kabupaten Tanah Bumbu seperti kulit semangka menjadi bahan olahan bubur balita, kulit pisang menjadi selai kudapan, dan daun labu menjadi keripik.

Menu unggulan yang menjadikan Kabupaten Tanah Bumbu juara adalah “Sup Kulit semangka Jamur Tiram Ikan Kerapu” dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Batulicin dan “Bandeng Labu Kuning” dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Satui.

“Ini adalah prestasi pertama Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu dalam Lomba Masak Serba Ikan dapat menjadi 3 besar dalam 2 Kategori dari 3 kategori yang dilombakan. Semoga tahun depan dapat mewakili Provinsi Kalsel ditingkat Nasional,” ucap Plt. Kadis Perikanan Tanbu, Yulian Herawati.

Baca Juga