Ribuan Warga Sudah Gubakan Flatform Digital UMKMjuara.id

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit


Headline9.com, BANJARBARU – Setelah berkunjung ke Kampung Cyber di Kelurahan Patehan, Jogyakarta, Diskominfo Banjarbaru diam-diam membuat sebuah aplikasi marketing. Utamanya aplikasi tersebut disediakan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang ada di wilayah Kota Banjarbaru.

Hasilnya pun terbilang sukses. Karena menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjarbaru, Iwan Hermawan, saat ini sudah ada 6000 warga Banjarbaru yang telah bergabung dan memasarkan produk mereka melalui platform UMKMjuaraID.

“Sudah ada di playstore yaitu aplikasi UMKMjuaraID. Jadi tinggal download dan silahkan berbelanja produk unggulan di Kota Banjarbaru. Pemasaran nya juga bisa antar daerah,” jelasnya.

BACA JUGA :  UPNORMAL Sediakan Menu Kekinian

Lebih lanjut dijelaskannya, adanya aplikasi tersebut guna mendorong Pemerintah Kota Banjarbaru dan UMKM dalam menjalankan transaksi secara elektronik atau digital. Utamanya dalam hal paket pengadaan barang dan jasa.

“Bahkan melalui aplikasi ini, pelaku UMKM dimudahkan untuk menjadi penyedia dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah,” katanya.

Menurut Iwan, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, maka UMKM berkontribusi sekitar 60% dari produk domestik bruto Indonesia. Akan tetapi selama pandemi covid-19 ini tercatat sebanyak 40% UMKM terancam berhenti beroperasi. Untuk itu pihaknya melakukan sejumlah terobosan agar para pelaku UMKM dapat tetap berjalan menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

BACA JUGA :  Sekdako Banjarbaru Terima Batuan Untuk Disabilitas Netra

“Intinya, UMKM harus mengikuti sistem teknologi yang disiapkan. Ini penting diikuti guna menangkap peluang yang membantu program pemulihan ekonomi khususnya bagi UMKM itu sendiri,” lanjutnya.(nsh)

Baca Juga