Koleksi Disperpusarsip Bertambah 1.880 Eksempelar Buku

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

HEADLINE9.COM, KANDANGAN – Meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusarsip), Kabupaten Hulu Sungai (HSS), terus menambah koleksi bukunya. Total saat ini ada sebanyak 24.226 eksemplar buku bisa dinikmati masyarakat. Tahun 2017 jumlah buku hanya sekitar  22 ribu.

Kepala Disperpusarsip HSS, Tajiddin Noor mengatakan bahwa penambahan koleksi buku tahun ini berasal dari APBD yang mendatangkan buku sebanyak 1.880 eksemplar buku supaya para pengunjung bisa memperoleh berbagai referensi yang diinginkan.

“Dari 1.880 eksemplar buku yang datang ada sebanyak 620 judul,” ujarnya.

Tidak hanya koleksi perpustakaan manual saja saja yang terus ditambah. Koleksi buku perpustakaan digital iHuluSungaiSelatan (iHSS) kini juga terus bertambah.

BACA JUGA :  Wisata Air Panas Tanuhi Dibuka untuk Umum Lagi

“Koleksi buku perpustakaan digital iHSS sekarang sudah ada 1.905 eksemplar dengan 635 judul,” ucap Tajiddin – panggilan Tajiddin Noor.

Meningkatkan minat baca bagi masyarakat Disperpusarsip HSS menerapkan dua layanan. Mulai dari manual perpustakaan manual dan digital.

Untuk perpustakaan manual warga dapat membaca di perpustakaan daerah mulai dari hari Senin sampai Minggu. Ini dilakukan untuk memfasilitasi mahasiswa dan pelajar SMA sederajat yang ingin membaca atau mencari referensi bahan belajarnya.

BACA JUGA :  Cegah ASN Beli Tabung Gas Bersubsidi, Bupati HSS Larang Anak Buahnya Gunakan Gas Melon

“Hari Senin sampai Kamis perpustakaan buka dari pukul 08.00 sampai 15.30 Wita. Khusus hari Jumat dari pukul 08.00 sampai 11.00 Wita. Sedangkan Sabtu dan Minggu 08.00 sampai 12.00 Wita,” kata Tajiddin.

Sedangkan perpustakaan digital yaitu iHSS. Warga dapat meminjam buku melalui aplikasi.

Cara pinjam buku melalui iHSS untuk membacanya pun sangat mudah. Warga cukup mengunduh aplikasi selanjutnya mendaftar dengan memasukkan alamat email atau salah satu akun media sosial seperti facebook. Setelah mendaftar selesai warga langsung bisa meminjam buku yang diinginkan di aplikasi tersebut. (mbur)

Baca Juga