Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarmasin
  4. »
  5. Tempat Pencucian Kendaraan Lapas IIA Banjarmasin Diresmikan

Tempat Pencucian Kendaraan Lapas IIA Banjarmasin Diresmikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARMASIN – Guna melaksanakan pembinaan kepada narapidana, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin meresmikan Asteda Carwash, atau tempat pencucian mobil dan sepeda motor.

Tempat cuci kendaraan di halaman Lapas itu, diresmikan langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan KemenkumHAM Kalsel, Sri Yuwono.

Sri Yuwono menuturkan, untuk operasional Asteda Carwash sendiri, memberdayakan warga binaan di Lapas Kelas IIA Banjarmasin.

“Kita sangat mengapresiasi. Ini adalah wujud pembinaan kepada mereka dengan diberikan keterampilan. Kali ini bidang cuci mobil dan sepeda motor,” ucap Yuwono, Rabu, (30/3/2022).

BACA JUGA :  Warga Pasar Batuah Sambangi Kantor DPRD Kota Banjarmasin

Ia pun berharap, hal tersebut menjadi bekal bagi para warga binaan yang ada di Lapas Kelas IIA Banjarmasin.

“Harapanya ini juga bisa menjadi bekal bagi warga binaan setelah bebas nanti untuk bekerja secara mandiri,” harapnya

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Banjarmasin, Herliadi menerangkan, hal ini merupakan salah satu kegiatan kemandirian bagi warga binaan. Khususnya dibidang cuci mobil dan sepeda motor.

“Hal semacam ini memang dibutuhkan untuk memberikan bekal kepada warga binaan. Supaya kedepan setelah selesai masa pidananya punya keterampilan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pelepasan Pasien Di Bapelkes Oleh Gubernur Kalsel,13 Pasien Dinyatakan Sembuh

Kedepannya, ia bilang masih banyak pengembangan yang lain lagi. Seperti salon mobil, baik eksterior maupun interior.

Lebih jauh, Ia menyampaikan, warga binaan yang diberdayakan dalam usaha Asteda Carwash adalah mereka yang sudah menjalani masa hukuman lebih dari setengah.

“Jumlahnya menyesuaikan. Kalau memang banyak permintaan akan kami tambah. Tapi untuk sementara kita pekerjakan. Kita berikan premi buat mereka dan ada juga masuk ke kas negara dari penghasilan usaha ini,” pungkasnya. (D)

Baca Juga