Waspada, 4 Kecamatan di Kabupaten Banjar Rawan Banjir

0 Shares

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Intensitas hujan makin tinggi memasuki akhir tahun 2018, semua masyarakat diminta waspada dan menyiapkan diri menghadapi kemungkinan bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten merilis 4 kecamatan di Kabupaten Banjar rentan terserang banjir yaitu Martapura, Sungai Tabuk, Astambul, dan Martapura Barat.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait antisipasi, mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang, di Aula Barakat, Rabu (28/11) pagi.

Pertama-tama, terang Kepala BPBD Banjar M Irwan Kumar dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir mengundang seluruh stakeholder terkait dari Polres Banjar, Kodim 1006/ Martapura, dan kecamatan.

“Kita mempersiapkan jika memang terjadi bencana di kabupaten Banjar. bencana tidak bisa diperkirakan kapan terjadinya, apakah siang atau malam, tapi tetap berdoa tidak terjadi bencana seperti tahun 2006 lalu. dan yang jelas dari rapat ini untuk mempersiapkan dengan instansi terkait jika terjadi bencana kita sudah siap dalam menghadapinya,” katanya.

Wakapolres Banjar Kompol Joseph Edwar Purba mengatakan, ada tiga pola yang dilakukan oleh kepolisian menanggulangi bencana alam. Yaitu pencegahan, penanganan dan pola penegakan hukum. Pihaknya tidak saja mengerahkan Sat sabhara, melainkan semua anggota dalam membantu dalam penanganan jika terjadi bencana.

Sedangkan Dandim 1006/Martapura Letkol Muchammad Ghoffar Ngismangil berjanji menyiapkan personil dalam penanggulangan bencana alam. Ditambahkannya, TNI sudah menyiagakan 317 personil yang siap turun melakukan. Perintah itu telah diketahui seluruh anggota TNI tiap kecamatan untuk memantau situasi alam.

0 Shares

Terbaru

Tim Gabungan Temukan 8 Dari 10 Pekerja Tambang Dalam Keaadan Tak Bernyawa.

BATULICIN, Headline9.com - Selama empat hari Tim gabungan dari TNI Polri, Basarnas, Jhonline Rescue, BPBD dan Masyarakat setempat bekerja sama untuk melakukanevakuasi terhadap 10...

Api Nyaris Bakar Rumah Dinas Bupati Banjar

Headline9.com, MARTAPURA – Lalai, nyaris saja Rumah Dinas Bupati Banjar dilalap si jago merah. Untungnya api yang mau membesar tersebut dapat dipadamkan. Kejadian berlangsung...

Ketua DPD PSI Tanbu Gelar Silaturahmi Konsulidasi Dengan 12 DPC Dan Kader

BATULICIN Headline9.com- Ketua DPD partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tanah Bumbu menggelar silaturahmi dan konsolidasi dengan seluruh DPC dan Kader dari 12 Kecamatan bertempat di...

Kapolda Tinjau Polsek Martapura Timur

HEADLINE9.COM, MARTAPURA - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum meninjau kantor-kantor Polisi di Kalimantan Selatan yang terdampak banjir, Selasa...

Artikel Terkait

%d blogger menyukai ini: