Bupati Banjar Resmi Buka Pasar Wadai Ramadan 1443 Hijriah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA,- Pasar Wadai Ramadan 1443 Hijriah Kabupaten Banjar, resmi dibuka oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur diawal Ramadan, di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura. Minggu (03/04/2022) sore.

Pasar wadai Ramadan 1443 Hijriah Kabupaten Banjar ditandai dengan pemotongan untaian melati oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas didampingi Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie dan Ketua I TP PKK Kabupaten Banjar Hj Fatmawati.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, Pasar Wadai Ramadan tahun ini sudah pasti sangat dinantikan oleh seluruh lapisan masyarakat, karena disini, bisa ditemukan beraneka pilihan dan ragam rasa, wadai tradisional khas Banjar, yang hanya bisa dijumpai pada saat bulan puasa saja.

BACA JUGA :  Kapolda Kalsel Menjadi Narasumber Dalam Program Lintas Banua Pagi

Menurutnya kuliner atau wadai merupakan bagian dari obyek pemajuan kebudayaan yaitu pengetahuan tradisional, untuk itu kuliner atau wadai harus terus dilestarikan dan digali kembali sebagai salah satu aset budaya Banjar.

“ Even ini diharapkan dapat menggerakkan perekonomian dan menjadi sarana kegiatan publik masyarakat selama bulan Ramadan,” harapnya.

Saidi Mansyur juga mengatakan akan melakukan evaluasi pasar wadai ini ditahun mendatang, jika terdapat kekurangan, sehingga keberadaannya semakin menarik.

Salah satu pedagang Nia mengaku, dirinya senang bisa turut serta berjualan di pasar wadai ramadan kali ini.

“Saya bersyukur sekali, tahun ini pasar wadai Ramadan dibuka kembali dan saya berharap semoga dagangan saya laris manis dan setiap tahunnya terus ada,” ujar Nia.

BACA JUGA :  Tak Miliki Tim Penertban APK, Satpol PP Keluarkan Dan Sendiri Bersihkan APK

Dari pantauan, walaupun sempat vakum selama 2 tahun, event tahunan yang diselenggarakan oleh Disbudporapar Banjar ini berlangsung meriah, tertib dan aman serta antusias masyarakat yang  tinggi untuk mencari menu berbuka puasa yang disediakan di sepanjang lapak dengan 40 meja pedagang.

40 meja yang tersusun rapi di kanan kiri Jalan Kenanaga tersebut terdiri dari 20 dari Perusda Pasar Bauntung Batuah dan 20  dari UMKM dari Dinas Kopsrasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar

Sebelumnya bagi pengunjung pasar wadai yang beruntung, pihak panitia juga menyiapkan doorprize menarik seperti lemari es, LCD TV dan sepeda BMX yang di undi di Alun-alun usai dibuka Bupati Banjar.

Baca Juga