Operasi Ketupat Intan, Polda Kalsel Kerahkan Ribuan Personel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, BANJARMASIN – Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2022 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 dan akan turunkan ribuan personel.

Apel tersebut dilaksanakan Polda Kalsel di Lapangan Satpas Km 21, Landasan Ulin Banjarbaru, pada Jumat (22/4/2022) pukul 08.00 wita.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Operasi Ketupat tahun ini sebanyak 2.116 personel gabungan dikerahkan.

“Ribuan personel ini akan disebar ke 23 pos pengamanan,” ucapnya.

23 pos pengamanan yang didirikan tersebut antara lain Kota Banjarmasin 3 Pos, Kota Banjarbaru 2 Pos, Kabupaten Banjar 3 Pos, Kabupaten Tapin 2 Pos, Kabupaten HSS 2 Pos, Kabupaten HST 4 Pos, Kabupaten Balangan 1 Pos, Kabupaten Tabalong 1 Pos, Kabupaten Tala 1 Pos, Kabupaten Tanbu 1 Pos, Kabupaten Kotabaru 1 Pos, dan Kabupaten Batola 2 Pos.

Selain itu, Kapolda Kalsel menjelaskan Operasi Ketupat ini akan berlangsung selama 12 hari dimulai dari tanggal 28 April s/d 9 Mei 2022.

BACA JUGA :  PT.SAM dan PT.TBM , Mendapat Apresiasi Dari GAPKI Kalsel

“Polda Kalsel tidak hanya mendirikan Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) saja, namun juga menyediakan lokasi layanan kesehatan (Yankes) sebanyak 60 lokasi yang tersebar di masing-masing satuan wilayah (Satwil),” terang Kapolda Kalsel.

Adapun lokasi layanan kesehatan tersebut terdiri dari Polresta Banjarmasin 8 lokasi, Polres Banjarbaru 5 lokasi, Polres HSS 14 lokasi, Polres HST 20 lokasi, Polres Tabalong 12 lokasi, Polres Tala 2 lokasi, Poles Tanbu 2 lokasi, Polres Kotabaru 1 lokasi dan Polres Batola 4 lokasi.

Irjen Pol Rikwanto juga menginstruksikan jajarannya dan Dinas Kesehatan terkait / gugus tugas untuk bersama-sama dapat meningkatkan peran aktif pencegahan, penurunan dan mengantisipasi perkembangan wabah Covid-19.

“Ditengah pelaksanaan ibadah Ramadhan dan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 pun harus dilakukan salah satunya dengan menggencarkan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi sembari memberitahukan bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa,” tuturnya.

BACA JUGA :  PTPN 13 Kebun Danau Salak Kok Menambang Batubara, Ini Hasil Penelusurannya…!

“Terlebih pada tahun ini, Pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan mudik, sehingga diperlukan langkah-langkah sinergi dengan seluruh stakeholder agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan Idul Fitri 1443 H / 2022 M serta terhindar dari penularan Covid-19,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Apel Gelar Pasukan itu dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto dan dihadiri Sekda Provinsi Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Kajati Kalsel, Danrem 101/Antasari, Danlanud Syamsuddin Noor, Kabinda Kalsel, Wakapolda Kalsel, Kepala Subseksi Dan Siaga Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Kalsel, Kepala BPBD Kalsel, Kepala Jasa Raharja Kalsel, Irwasda Polda Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, dan Kapolres Banjarbaru.

Baca Juga