Al Amrad : Lebaran, Diperkirakan Ada Peningkatan Penumpang dan Angkutan, Ini Perlu Antisipasi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, BANJARMASIN – Siaga angkutan lebaran, Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, gelar apel siaga SAR khusus lebaran tahun 2022 di lapangan Avignam Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Senin (25/4/2022).

Pengecekan personil yang turut dalam siaga Lebaran 2022, serta kendaraan yang akan digunakan di lapangan, tak luput dari perhatian Al Amrad, selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin untuk mengontrol kesiapan sehingga giat pengamanan siaga angkutan Lebaran dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

“Mudik tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas warga, sehingga perlu di antisipasi. Karenanya Basarnas melaksanakan Siaga Sar Khusus dalam rangka mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional,” ujar Al Amrad, saat membacakan sambutan dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan juga menekankan kepada seluruh petugas siaga SAR Khusus Lebaran 2022 agar tetap semangat, jaga kesehatan dan tunaikan kewajiban dengan penuh tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan dengan baik sesuai dengan visi dan misi.

BACA JUGA :  Dishut  Kalsel Konsen Kurangi Lahan Kritis

“Petugas siaga SAR Khusus juga harus selalu menjalin kerja sama yang baik dengan Kementrian Perhubungan, Korlantas Polri, BMKG, Pemda, Pengelola Jalan Tol, RS Rujukan serta instansi lain, untuk mewujudkan pelayanan SAR yang optimal terhadap pemudik,” lanjut Al Amrad.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin menyiagakan 90 personel pada pelaksanaan siaga SAR khusus Lebaran (Idul Fitri) 1443 Hijriah, tahun 2022 ini. Yang tersebar di wilayah Kalimantan Selatan yaitu di Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Pos SAR Kotabaru, Unit Siaga SAR Tabalong dan Unit Siaga SAR Batulicin.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin juga menyiagakan sarana dan prasarana dan peralatan SAR yang ada, diantaranya Kapal KN SAR Laksmana berukuran 40 meter, Rescue Boat (RB 207) berukuran 36 meter, Rescue Boat (RB 306) berukuran 28 meter, Rigit Iflatable boat, Rubber Boat, Rescue truck, Truk personel, serta peralatan SAR pendukung lainnya.

BACA JUGA :  Museum Lambung Mangkurat Akan di Buka Kembali

Siaga SAR khusus Lebaran 2022, akan dilaksanakan selama 21 hari, yakni 22 April s/d 12 Mei 2022 dan puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada 28 April serta 7 hingga 8 Mei 2022.

Dengan kemampuan yang ada, kami akan terus berusaha bekerja secara maksimal dalam memberikan layanan jasa SAR bagi masyarakat, agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di setiap waktu dan tempat,” ujarnya Al Amrad.

Lanjut dikatakan, Dalam kesempatan ini kami juga menghimbau kepada mayarakat yang akan melaksanakan perjalanan dan aktifitas lainnya, untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan diri terhadap kemungkinan-kemungkinan yang ada, melihat beberapa waktu ini kondisi cuaca di wilayah Kalimantan Selatan cenderung tidak menentu.

“Karena keselamatan bukanlah sesuatu hal yang kebetulan,” tutup Al Amrad S.Sos Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin.

Baca Juga