Belum Ada Kasus Hepatitis Akut Misterius di Banjarbaru

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru pastikan belum ada temuan kasus Hepatitis Akut Misterius di Kota Banjarbaru, Kamis (12/5/2022).

Hingga kini, Dinkes Banjarbaru terus gencar melakukan sosialisasi bahaya hepatitis akut kepada masyrakat Kota Banajrbaru.

Epidemiolog Kesehatan Dinkes Banjarbaru, Edi Sampana, mengatakan sejak adanya berita kasus kematian anak-anak usia 16 tahun kebawah beberapa waktu lalu, Dinkes Kota Banjarbaru langsung melakukan berbagai langkah antisipasi.

Diantaranya memantau pelaksanaan Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di setiap wilayah Kota Banjarbaru dengan melibatkan Puskesmas dan OPD terkait lainnya.

BACA JUGA :  2020, UMP Di Banjarbaru Alami Kenaikan Sebesar 8,51 Persen

“Kita menjalin koordinasi dengan Puskesmas dan OPD terkait lainnya untuk mengantisipasi hepatitis akut di Banjarbaru dengan melakukan penyuluhan, serta sosialisasi lainnya,” ucap Edi Sampana.

Walaupun menurut dia, informasi tentang pencegahan hepatitis akut sebenarnya sudah sering disampaikan kepada warga.

Lalu Edy Sampana menjelaskan untuk gejala hepatitis akut sering ditandai dengan gangguan pencernaan, mual, muntah, demam hingga mengalami kuning di mata dan seluruh tubuh.

Namun hepatitis akut bisa dicegah dengan menerapkan protokol kesehatan dan PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, makanan maupun minuman harus dimasak terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Juga, menghindari membeli dan memakan jajan yang dijual di sembarang tempat.

BACA JUGA :  738 Sertifikat Dibagikan Untuk Warga Guntung Manggis

Dan Edy Sampana berpesan juga kepada orang tua untuk memantau anak-anaknya agar tidak sembarangan mengkonsumsi makanan di sekolah, dan membawa bekal dari rumah.

Dan dirinya mengimbau, agar warga segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala tersebut.

“Hepatitis akut sudah mendunia dan bisa berakibat fatal. Maka, pencegahan sangat penting dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat, jangan makan sembarangan. Terlebihnya makanan yang tidak bergizi atau yang tidak masak,” himbaunya.(ps)

Baca Juga