Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. HUT ALRI, Wartono Ajak Warga Banjarbaru Bangkit Setelah Pendemi

HUT ALRI, Wartono Ajak Warga Banjarbaru Bangkit Setelah Pendemi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Memperingati HUT ke-73 Proklamasi Gubernur Tentara Alri Divisi IV Pertahanan Kalimantan dan Hari Kebangkitan Nasional ke -114 Kota Banjarbaru Tahun 2022, upacara bersama Danlaud Syamsudin Noor, Dan Denzipur 8/GM, Dansat Brimobda Kal Sel, Danrindam VI/MLW, bertempat di Lapangan Dr. Murdjani Banjarbaru, Jumat (20/05/2022).

Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono, di daulat sebagai Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, Wartono menyebut proklamasi ini adalah corong semangat perjuangan rakyat Kalimantan dalam melawan penjajah dan sebagai bentuk pengakuan Kalimantan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA :  Perjanjian Kinerja ASN Banjarbaru, Ada Reward dan Punishmen

Pada 17 Mei 1949 di Kandangan proklamasi ini dibacakan serta ditandatangi langsung oleh Brigjend Hasan Basri untuk mewakili seluruh rakyat Kalimantan Selatan.

Proklamasi ini pula menginisiasi kelahiran pemerintahan militer Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan. Inilah bukti kesetian rakyat Kalimantan Selatan yang dipimpin Brigjend Hasan Basri kepada Republik Indonesia.

“Jadikanlah sejarah proklamasi 17 Mei 1949 di Kalimantan Selatan menjadi catatan yang sangat bermakna dan untuk direnungkan serta teladan bagi kita semua,” tambahnya.

BACA JUGA :  Banjarbaru Mulai Laksanakan PTM

Wartono juga mengharapkan peringatan ini tak hanya diperingati untuk mengenang jasa para pendahulu bangsa, namun juga sebagai momen introspeksi tentang apa yang dapat kita berikan kepada bangsa Indonesia sebagai generasi penerus.

Selain itu, Wartono juga menyampaikan amanat terkait Hari Kebangkitan Nasional ke-114. Beliau mengajak seluruh warga Banjarbaru untuk bangkit terutama setelah diterpa pandemi selama beberapa tahun belakangan.

“Kita jadikan hari Kebangkitan Nasional sebagai tonggak awal bangkitnya Bangsa Indonesia dari keterpurukan akibat pandemi covid-19. Dari Indonesia, Dunia pulih bersama,” tutupnya. (nsh)

Baca Juga

KLIK KANAN DIKUNCI... TIMPAKUL