Tinjau Pembangunan Masjid, Bupati Balangan Bantu Puluhan Juta

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan dalam hal ini Bupati Balangan Abdul Hadi bersama Kepala Bank Kalsel Cabang Paringin Agus Setiawan meninjau pembangunan Masjid Hayattudin Desa Hukai, Kecamatan Juai, Rabu (01/06/2022).

Pada kegiatan tersebut hadir juga jajaran Kepala SKPD, Camat Juai, serta unsur Forkopimda lingkup Pemerintah Kabupaten Balangan.

Usai melakukan peninjauan, Bupati Balangan serta jajaran melanjutkan kegiatan dengan melaksanakan Sholat Maghrib berjama’ah dilanjutkan silaturahmi.

Di kesempatannya, Abdul Hadi menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah akan memberikan bantuan dana sebesar Rp 500 juta rupiah yang bersumber dari APBD tahun 2023.

Lebih lanjut ujarnya, program perampingan SKPD Pemkab Balangan yang dilakukan pada tahun lalu, telah memberikan dampak positif terhadap penghematan belanja pegawai, dan adanya efesiensi tersebut dapat dialokasikan untuk mendukung program pembangunan salah satunya dengan memberikan bantuan kepada tempat-tempat ibadah.

BACA JUGA :  Jelang Lebaran, Bank Kalsel Berikan Puluhan Paket Ramadhan Bagi Waratawan di Bumi Sanggam

“Upaya merampingkan SKPD berdampak positif terhadap APBD, terlebih APBD kita lebih hemat dan efesien,” ujar Bupati Balangan.

“Dengan penghematan APBD, dapat kita manfaatkan atau kita alokasikan ke sektor infrastruktur atau memprioritaskan membiayai pembangunan yang benar-benar dibutuhkan dan berguna untuk masyarakat, salah satunya membantu pembangunan Mesjid Hayatuddin di Desa Hukai ini,” tambah Abdul Hadi.

Sementara, Perwakilan Panitia Pembangunan Mesjid Hayatuddin, Risibli menyampaikan bahwa mesjid dibangun agar dapat menampung lebih banyak jamaah, karena kapasitas mesjid sebelumnya yang tergolong cukup kecil.

Risibli menambahkan, dengan adanya bantuan yang diberikan oleh Pemkab Balangan dan Bank Kalsel, akan menambah dana kas panitia untuk mempercepat pembangunan Mesjid Hayatuddin.

BACA JUGA :  Peringatan HUT Balangan Ke-19, Ini Kata Abdul Hadi

“Kami atas nama panitia pembangunan mesjid dan masyarakat Desa Hukai, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Mudah-mudahan dengan bantuan-bantuan tersebut, akan mempercepat pembangunan Mesjid Hayatudin sehingga dapat memfasilitasi warga dalam beribadah dan melakukan kegiatan keagamaan,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Balangan Abdul Hadi juga memberikan bantuan dari dana pribadi, sebesar Rp30 juta. Selain itu, Bank Kalsel juga menyerahkan dana yang berasal dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) sejumlah Rp20 juta.

UPZ Bank Kalsel adalah unit penghimpun zakat, infak dan sedekah yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan. Dari internal, zakat dapat berasal dari gaji seluruh pegawai, sedangkan eksternal, dananya bersumber dari pembayaran zakat nasabah maupun masyarakat melalui transfer rekening. (Ald)

Baca Juga