Inovasi, Balangan Luncurkan DASHAT di Kampung Keluarga Berkualitas Desa Batu Merah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan terus upayakan penurunan angka stunting melalui berbagai program, penurunan angka stunting tersebut juga menjadi salah satu fokus pemerintah guna kesejahteraan masyarakat di Bumi Sanggam.

Ketua TP-PKK Kabupaten Balangan, Sri Huriyati Hadi meluncurkan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT), di Kampung Keluarga Berkualitas Desa Batu Merah, Kecamatan Lampihong, Rabu (22/06/2022).

Kegiatan DASHAT mencakup edukasi perbaikan gizi dan konsumsi pangan ibu hamil, ibu menyusui, serta balita.

Dalam hal ini, masyarakat akan diberi sosialisasi terkait pangan lokal yang terjangkau, bercita rasa, dan bergizi baik.

Dalam sambutannya, Sri Huriyati Hadi mengatakan untuk menjadi keluarga berkualitas memang perlu perjuangan, harus mampu mengatasi kendala dan mencegah permasalahan yang sekiranya menghambat, salah satunya stunting.

BACA JUGA :  Bupati Balangan Tiadakan Safari Ramadan

Selain itu, Kepala Desa Batu Merah, Taufik Rahman berharap program DASHAT ini dapat menjadi pusat gizi serta pelayanan pada anak dengan risiko stunting.

Menurutnya, perlunya memberikan contoh olahan pangan lokal yang dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga berkualitas, meski hanya hasil pertanian lokal dan hasil kebun di halaman sendiri.

Sementara, diwaktu yang sama Kepala BKKBN Prov Kalsel, Ramlan mengatakan Kabupaten Balangan mendapatkan juara 1 pada lomba Kampung Keluarga Berkualitas, yang selanjutnya menjadi perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan di tingkat nasional.

BACA JUGA :  Jelang Transisi Pemimpin, Pemkab Balangan Tolak Perpanjang BPJS

“Kolaborasi dari seluruh lintas sektor di sini begitu bagus, kemudian juga peran kader dalam menjawab itu sudah bagus sekali, nah sehingga kemarin terlihat menonjol, itu yang menjadikan juara di Desa Batumerah, di sini, di Kampung KB Desa Batumerah,” ujar Ramlan.

Selain itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Akhmad Nasa’i mengatakan, dengan prestasi yang diraih ini, diharapkan masyarakat semakin menyadari pentingnya menjadi keluarga berkualitas.

“Mudah-mudahan, kita berharap kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Balangan semakin meningkat tiap tahun ke tahun, dan angka stunting semakin menurun,” pungkasnya. (Ald)

Baca Juga