UAS ke Martapura, Begini Rekayasa Lalu Lintas untuk Jemaah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Tausiah Ustaz Abdul Somad (UAS) Minggu (9/12) malam di Masjid Al Karomah, Martapura, Kabupaten Banjar diyakini akan banyak dihadiri oleh jamaah. Guna kelancaran arus lalu-lintas, maka Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar akan melakukan pengalihan jalur lalu-lintas selama acara berlangsung.

Pengalihan arus lalu lintas dilakukan untuk menghindari kemacetan, mengingat diyakini akan hadir puluhan ribu jamaah yang ingin mendengarkan tausiah Dai Kondang UAS itu. Diperkirakan jemaah yang datang tak hanya dari wilayah Kabupaten Banjar, tetapi juga dari luar Kabupaten Banjar seperti Kabupaten Tapin, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, H.M. Aidil, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Kepolisian Resort Banjar, akan berupaya mengatur lalu lintas hingga tetap lancar.

“Jalur rekayasa akan kami bagi dalam tiga opsi pergerakan lalu lintas. Pertama yaitu kondisi arus lalu-lintas pada Jalan Ahmad  Yani akan diberlakukan dua arah seperti biasanya, sedangkan opsi kedua kendaraan dari arah Hulu Sungai menuju Banjarmasin, akan dialihkan di Pasar Papan menuju Jalan Pangeran  Abdurrahman lalu ke Jalan Menteri 4, Jalan PPS lalu kembali ke Jalan Ahmad Yani menuju Banjarmasin.

BACA JUGA :  Nurkhalis Anshari Prihatin makin Banyak Nakes yang Terpapar Covid-19 di Banjarbaru

“Sedangkan kendaraan dari Banjarmasin menuju Hulu Sungai  akan dialihkan di Batuah menuju Jalan P. Abdurrahman, lalu ke Jalan Pasar Papan dan kembali masuk ke Jalan Ahmad Yani menuju Hulu Sungai,” jelasnya.

Opsi ketiga kendaraan dari arah Banjarmasin tetap dialihkan lewat Jalan Batuah menuju Jalan Pangeran Abdurrahman lalu Jalan Pasar Papan keluar lewat Ahmad Yani menuju Hulu Sungai.

Sedangkan Kendaraan dari arah Hulu Sungai akan dialihkan di Tambak Baru menuju Jalan Melati menuju Jalan Sekumpul Ujung kemudian menuju Jalan Sekumpul Raya,  Jalan PM. Noor Banjarbaru keluar Simpang Empat Banjarbaru menuju Banjarmasin.

Guna mengatasi pergerakan kendaraan angkutan berat atau kendaraan besar yang tidak memungkinkan untuk lewat jalur alternatif tersebut, sehingga akan ada pembatasan pada kendaraan berat agar tidak melalui Jalan Ahmad  Yani, Martapura mulai Pukul 12.00 Wita Sampai dengan 24.00 Wita.

BACA JUGA :  Tragis, Nyebrang Jalan Setelah dari Q Mall, Seorang Wanita Disambar Motor dan Patah Kaki

“Tidak memungkinkan juga kendaraan berat melalui Jalan Ahmad Yani yang pasti akan dipenuhi para jamaah,” tandasnya, seraya menyarankan agar kendaraan berat sementara stop di Jalan Trikora Banjarbaru.

Mengenai parkir, Dishub menyediakan beberapa lahan antara lain di Alun-alun Ratu Zalecha, Parkiran CBS, Terminal Martapura, halaman kantor Pemda serta parkir dari arah Hulu Sungai memarkir kendaraan di sekitaran Pasar Papan.

Kendaraan yang hanya mengantar jemput bisa menurunkan penumpang di dekat lokasi dan memarkir kendaraannya di RTH Ratu Zalecha.

Parkiran Masjid Al-Karomah akan ditutup mulai Sabtu (8/12) malam sedangkan di Pasar Martapura akan disterilkan dan dibersihkan siang hari Jam 12.00 Wita, karena lokasi tersebut akan akan digunakan untuk para jama’ah perempuan.

“Nanti jamaah laki-laki dan wanita akan dipisah. Jamaah wanita selain di lantai dua masjid, juga akan ditempatkan di Pasar Martapura yang letaknya di sebelah Masjid Al-Qaromah,” jelas Basith.

Baca Juga