Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Pemkab Balangan Sidak Pasar, Beberapa Harga Bahan Pokok Merkoket

Pemkab Balangan Sidak Pasar, Beberapa Harga Bahan Pokok Merkoket

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Balangan lakukan inspeksi mendadak (Sidak) harga di pasar tradisional Kecamatan Batumandi, Selasa (28/06/2022).

Sidak dilakukan untuk memantau harga serta ketersediaan bahan pangan pokok yang ada di pasar tradisional, baik di Kecamatan Batumandi maupun pasar tradisional lainnya.

Sejumlah pedagang di Pasar Tradisional Kecamatan Batumandi pun menjadi sasaran sidak, pengecakan mulai dari sembako, daging, ayam, sayur tidak lepas dari pengecekan yang dilakukan petugas.

JF Penjamin Mutu Produk dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Balangan, Asbit mengatakan bahan pangan pokok yang mencakup 16 pangan pokok tersedia dan cukup dan untuk ketersediaan minyak goreng kemasan dan curah di pasar tradisional juga cukup.

BACA JUGA :  BLK Balangan Gelar Pelatihan Untuk Pekerja yang Berkompeten

“Harga bahan pangan ada yang mengalami kenaikan dan penurunan seperti harga minyak goreng curah yang dulunya langka sekarang sudah ada dengan harga Rp14 ribu dan beberapa toko sudah menjual minyak goreng curah tersebut,” terang Asbit.

Menurutnya, dari hasil sidak yang dilakukan hari ini ditemukan ada bahan pangan pokok yang mengalami kenaikan harga. Salah satunya cabai merah dan ayam potong.

Salah satunya cabai merah dan ayam potong, untuk cabai merah mulanya dipatok dengan harga Rp60 ribu, kini menjadi Rp70 ribu per kilonya.

BACA JUGA :  Desa Jimamun Masuk Verifikasi Lomba Kampung KB Tingkat Provinsi Kalsel

Sedangkan ayam potong, yang awalnya dipatok Rp28 ribu, kini naik menjadi Rp30 ribu per kilogramnya, tergantung besarnya ayam tersebut.

Asbit mengungkapkan, kalau untuk cabai memang ada beberapa faktor yang mengakibatkan harganya menjadi melambung tinggi, salah satunya faktor cuaca dan penyakit tanaman.

Sedangkan untuk beberapa barang pangan pokok yang lainnya mengalami kenaikan tetapi tidak signifikan hanya naik antara Rp2 ribu sampai Rp3 ribu yaitu seperti telur dan minyak curah.

Sebagai tindak lanjut dari kenaikan komoditas harga tersebut, pihaknya akan mengevaluasi dan berkoordinasi dengan instansi terkait tentang naiknya harga pangan jelang Idul Adha. (Ald)

Baca Juga