Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Bu RT, Sebagai Salah Satu Upaya Pemkab Tumbuhkan Gerakan Gemar…

Bu RT, Sebagai Salah Satu Upaya Pemkab Tumbuhkan Gerakan Gemar Membaca

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Pemkab Balangan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Balangan terus tingkatkan minat baca bagi masyarakat di Bumi Sanggam.

Kali ini Dispersip Kabupaten Balangan luncurkan terobosan program Buku untuk Rumah Tangga (Bu RT).

Kepala Dispersip Kabupaten Balangan, Tamrin menjelaskan program Bu RT yaitu kegiatan layanan pemustaka atau layanan front office perpustakaan, berupa layanan yang berhubungan langsung dengan pemustaka.

Menurutnya, melalui peningkatan anggota perpustakaan, maka dapat menambah pula jumlah pengunjung ke perpustakaan.

“Layanan perpustakaan dilakukan dengan menyediakan segala bentuk bahan pustaka secara tepat dan akurat sesuai kebutuhan pemustaka, dan penyediaan berbagai sarana penelusuran informasi yang berkerja sama dengan kepala desa dan ketua RT setempat dalam rangka memasyarakatkan informasi di lingkungan sekitar,” ujar Tamrin, Senin (27/06/2022).

BACA JUGA :  Pemkab Balangan Tanam Perdana di Sawah Desa Balida

Tamrin juga mengatakan, kelebihan dari program Bu RT ini adalah dengan adanya kerja sama antar ketua RT, sehingga dapat menarik minat baca masyarakat khususnya pada ibu rumah tangga.

“Kegiatan ini bisa dilakukan melalui promosi perpustakaan, melakukan kegiatan pembinaan perpustakaan, mengadakan teras baca dengan berbagai kegiatan misalnya menonton bareng, melukis, dan bermain permainan edukasi, melakukan pengarahan kepada ibu dalam rangka menumbuhkembangkan gerakan gemar membaca, melakukan pendampingan masyarakat, serta membuat video statement dukungan,” teragnya.

BACA JUGA :  Operasi Patuh Intan 2022, Simak Arahan Kapolres Balangan

Selain itu, kelebihan yang ditawarkan dari program Bu RT adalah buku yang dipinjamkan kepada perpustakaan desa melalui teras baca dipinjamkan melalui peminjaman kolektif dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan yang berlaku selama 6 bulan, yang mana di desa yang telah dilakukan kerjasama tersebut terdapat relawan dan relawan tersebut berasal dari masyarakat itu sendiri.

“Maka dari itu, peran dari Bu RT adalah inovasi yang melibatkan masyarakat untuk gerakan gemar membaca, yang mana peran relawan disini lebih dari sekadar melayani tetapi lebih yaitu dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat,” pungkasnya. (Ald)

Baca Juga