Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Nurgita : UMKM Salah Satu Pilar Ekonomi Nasional

Nurgita : UMKM Salah Satu Pilar Ekonomi Nasional

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar menggelar Peningkatan Kapasitas Bagi Usaha Mikro Pelatihan Kewirausahaan Pertama/Pemula tahun 2022, di  Aston Banua Hotel dan Convention Center Gambut, Selasa (12/7/2022) pagi.

Kegiatan yang bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional ke 75 tersebut  dibuka oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas, ditandai dengan pemotongan tumpeng yang disaksikan 75 peserta pelatihan.

Nurgita Tiyas mengatakan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu pilar utama ekonomi nasional, yang harus memperoleh kesempatan utama, dukungan, perlindungan dan pengembangan seluas luasnya, sebagai wujud keberpihakan kepada kelompok ekonomi rakyat.

BACA JUGA :  Bupati Banjar Inginkan Target Vaksinasi Dipercepat

Dikatakan, meskipun UMKM telah menunjukkan peranannya dalam perekonomian nasional, namun masih menghadapi berbagai hambatan dan kendala.

” Kendala yang dihadapi berkaitan dengan produksi dan pengolahan, pemasaran, SDM, design dan teknologi, permodalan serta iklim usaha,” ungkapnya.

Nurgita berharap kepada peserta pelatihan agar mengaplikasikan ilmu yang didapat dengan sungguh sungguh. Mengolah dan memasarkan produknya secara kreatif agar bisa sukses di masa yang akan datang.

BACA JUGA :  Kodim Martapura Berduka, Salah Satu Anggotanya Wafat

Kepala Dinas KUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati menjelaskan, maksud dari pelatihan ini adalah untuk mengembangkan kompetensi SDM bagi pelaku usaha mikro menjadi pelaku usaha kecil (naik kelas UMKM).

Gusti Made berharap,  pelatihan ini bisa menambah wawasan peserta tentang dunia usaha.

” Hal ini sejalan dengan misi pemerintah meningkatkan daya saing perekonomian daerah berbasis kerakyatan, potensi unggulan lokal dan industri,” pungkasnya.

Baca Juga