Sosialisasi LKPP Bagi UMKM di Banjarbaru

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru menggelar Sosialisasi Pendaftaran dan Pengisian Katalog Elektronik Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP), bagi pelaku usaha atau UMKM di Banjarbaru, bertempat di Ruangan Pelatihan TIK, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru, Selasa (12/07/2022).

Sosialisasi ini bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru yang diselenggarakan sesuai dengan intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022, tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi. Dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

Sebanyak 30 peserta yang mengikuti sosialisasi ini yang berasal dari para pelaku UMKM tersebar di Banjarbaru.

Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru Dra. Hj. Rahmiyani, M. AP mengatakan, tujuan sosialiasi yaitu sesuai arahan Presiden Republik Indonesia untuk menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia baik ditingkat Nasional dan Lokal yakni Pemerintah Kota Banjarbaru.

BACA JUGA :  Donor Darah Untuk Kemanusian di Hari Jadi Kota Banjarbaru

“Para peserta yang mengikuti sosialiasi ini dengan persyaratan, UMKM tersebut merupakan pelaku usaha yang sudah terdaftar sebagai binaan Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru. Disamping itu juga sudah mempunyai legalitas hukum izin usaha,” katanya.

Lebih lanjut Rahmiyani menjelaskan, nanti kalo sudah data persyaratan lengkap maka akan dilakukan bagaimana cara pendaftaran pengisian e-Katalog. Harapan kami dari Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru dalam hal ini Pemerintah Kota Banjarbaru, sesuai dengan visi misi Kota Banjarbaru yaitu Banjarbaru Juara. Yang mana kami mendukung dalam misi mengembangkan ekonomi pada pelaku usaha UMKM di Kota Banjarbaru, dalam hal memproduksinya melalui pusat layanan yang disiapkan melalui pengisian e-katalog yang termasuk dalam LPSE terkoneksi dengan OSS” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru Asep Saputra, S.Kom., MM dalam sambutannya menyampaikan, hal-hal yang berhubungan dengan pengadaan kecil untuk UMKM akan terserap di e-katalog lokal.

BACA JUGA :  Bandara Syamsudin Noor Bantu Pertumbuhan Ekonomi Di Kalsel

“Baik nanti itu ATK, makan minum rapat dan sebagainya. Kemudian hal-hal yang berhubungan dengan cinderamata seperti oleh-oleh dan sebagainya itu akan di cover dari e-katalog ini. Karena Presiden meintruksikan gunakanlah produk-produk dalam Negeri,” tuturnya.

Masih kata Asep, Dinas Komunikasi dan Informatika mengharapkan para peserta sosialiasi yang hadir pada hari ini harus siap untuk menghadapi era digital sekarang ini.

“Jadi InsyaAllah ada turunannya lagi dalam bentuk Perwali semua SKPD yang ada di Kota Banjarbaru belinya di e-katalog,” imbuhnya.

Percepatan penggunaan produk dalam Negeri dan produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi, guna menyukseskan Gerakan Nasional Bangsa Buatan Indonesia pada Pelaksanakan Pengadaan Barang dan Jasa.

Sejalan dengan Misi Wali Kota Banjarbaru di poin kedua yakni Meningkatkan Pembangunan Perekonomian Daerah yang Berkelanjutan dengan Kearifan Lokal dan Tetap Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup.

Baca Juga

%d blogger menyukai ini: