Proses Konferprov PWI Kalsel B, Zainal Helmie Kembali Pimpin PWI Kalsel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARMASIN – Zainal Helmie kembali diberikan amanat menjadi ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Periode 2022-2017.

Putusan itu berdasarkan hasil dari Konferensi Provinsi (Konferprov) PWI Kalsel tahun 2022 yang berjalan lancar di Gedung PWI Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Benuanya, Kecamatan Banjarmasin Timur, yang dibuka langsung oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Sabtu (30/07/2022).

Juga dihadiri tokoh pers Banua yakni, Pangeran H Gusti Rusdi Efendi, H Taufik Efendi dan juga H Guntur Prawira, serta Ketua PWI Pusat, Atal S Depari yang didampingi jajaran PWI Pusat lainnya.

Pada Konferprov PWI Kalsel ini, Ketua PWI Pusat, Atal S Depari mengaku sangat mengapresiasi pihak PWI Kalsel yang dirasa pelaksanaan sangat bagus.

“Saya sangat terkejut sekali, karena pelaksanaan oleh Anggota PWI Kalsel ini sangat matang sekali. Cara berdemokrasinya sudah matang,” ujarnya.

Dalam berjalanya Konferprov ini, ada dua pemilihan yang dilakukan yakni, Pemilihan Ketua PWI Provinsi Kalsel dan juga Dewan Kehormatan Provinsi (DKP).

Untuk pemilihan DKP terdapat 3 calon yakni, Fathurrahman sebagai petahana, lalu dua calon baru yakni, Yusni Hardi dan Milhan Rusli.

BACA JUGA :  Pemprov Serius Cegah Penyebaran Covid 19, Dishut Bantu Semprot dan Sediakan Disinfektan Alami Asap Cair Gratis

Fathurrahman kembali terpilih sebagai ketua DKP setelah memperoleh 100 suara disusul Yusni Hardi dengan 78 suara dan Milhan Rusli dengan 56 suara.

Sedangkan untuk pemilihan Ketua PWI Kalsel untuk periode 2022-2027 yang di ikuti dua calon yakni Petahana Zainal Helmie dan Lutfi Darlan.

Zainal Helmie unggul dengan torehan suara sebanyak 157, dan Lutfi Darlan mendapatkan sebanyak 74 suara.

Dengan kembali terpilihnya Zainal Helmie sebagai Ketua PWI Kalsel untuk periode 2022-2027. Maka ia akan segera melanjutkan program yang sudah jalan saat ini serta kembali menyusu pengurus dengan tim formatur.

Helmie juga mengungkapkan, jika program awal yang akan dijalankan setelah dirinya terpilih lagi, yakni dalam waktu dekat mengadakan seleksi atlet untuk persiapan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang diselenggarakan di Malang Jawa Timur, November mendatang.

“Jadi ini hari rayanya buat wartawan yakni seleksi atlet untuk Porwanas di Malang. Jadi ini kita pendaftaran untuk seleksi atlet terlebih dahulu,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Kadis Perikanan  Ajak Semua Lapisan Untuk Mnejaga Kelestarian Ikan.

Setelah dilaksanakannya seleksi itu kembali akan dilanjutkan dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). “Tapi apakah kita akan melakukan UKW sesudah Porwanas atau sebelum Porwanas, itu kita liat nanti,” bebernya.

Disamping itu, Ketua Sidang Konferprov PWI Kalsel, Toto Fachrudin, yang secara langsung mendapatkan apresiasi dari Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, mengatakan proses konferensi ini akan menjadi contoh bagaimana jalannya proses konferensi itu.

“Jadi prosesnya itu jangan sampai diwarnai adanya konflik maupun intrik yang dapat menimbulkan gesekan-gesekan hingga terjadinya kericuhan,” ungkapnya.

Bahkan menurutnya apa yang dipertontonkan oleh kedua kandidat Calon Ketua PWI tadi dalam proses pemilihan, menunjukan sebuah keharmonisan.

“Sejatinya dalam sebuah pemilihan adalah sebuah cara saja untuk mencapai tujuan PWI yang berkualitas dan bermartabat,” tuturnya.

“Dan hal tersebut terbukti dalam konferprov PWI Kalsel 2022. Tidak hanya kegiatannya lancar, tetapi proses demokrasinya berjalan dengan demokratis, bermartabat, berkualitas, dan berintegritas. Itu yang paling penting,” tungkasnya.

Baca Juga