Merihkan Hari Jadi Kabupaten Banjar, Festival Rudat Digelar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headlline9.com, MARTAPURA – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Banjar ke 72, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) mengadakan festival rudat di Aulanya, Kamis (03/08/2022) pagi.

Maksud dan tujuan dari festival rudat ini mengingat rudat merupakan kebudayaan dan kesenian asli Kabupaten Banjar, lahir dan berkembang di kalangan masyarakat Kabupaten Banjar yang berbeda dengan jenis kesenian lainnya seperti tari baksa kembang yang tumbuh di lingkungan keraton, diterangkan Kabid Bidang Kebudayaan Disbudporapar Trisnohadi Harimurti.

BACA JUGA :  Pemkab Banjar Terima Sertifikasi Hak Pakai BMN

Dikatakan Trisnohadi rudat juga merupakan kandidat warisan budaya, sehingga kewajiban sebagai Pemerintah Daerah untuk melestarikannya.

“ Salah satunya memberikan kesempatan bagi kelompok kesenian khususnya rudat untuk tampil di kegiatan festival pada hari ini.” ucapnya.

Trisnohadi menambahkan, hadiah yang di perebutkan pada festival ini untuk kategori umum dan pelajar total sebesar Rp. 12.500.000 untuk juara 1,2,3 dan favorit.  Sementara penyerahan trophy dan hadiah lainnya akan di serahkan pada puncak Hari Jadi Kabupaten Banjar nantinya.

BACA JUGA :  Martapura Jadi Contoh Penerapan PPKM Berbasis Mikro

Festival rudat kategori pelajar tingkat SMP SMA kali ini berjumlah 8 grup. Dimana setelah penampilan, dewan juri menentukan pemenangnya. Juara 1 diraih SMPN 1 Astambul, terbaik 2 SDN Sekumpul 1, terbaik 3 MTsn 1 Banjar dan juara favorit SMPN 4 Martapura.

Baca Juga