Balangan Laksanakan Bimtek SAKIP RB

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, Paringin – Bupati Balangan wakili Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan H. Sutikno, buka dialog kinerja Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), Pelayanan Publik dan Penghargaan Budaya Kerja SKPD di Lingkup Pemda Balangan Tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung di Aula Benteng Tundakan Kantor Bupati Balangan, Rabu (10/8/2022).

Sutikno dalam sambutannya mengatakan Reformasi Birokrasi merupakan perubahan pola pikir (mind set) dan budaya kerja (culture set) dari aparatur negara, yang harus dilakukan secara masif, konsekuen, dan konsisten, dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance.

Hal ini, sudah tentu harus menjadi peringatan serius bagi Pemerintah Kabupaten Balangan untuk segera melakukan upaya pembenahan pada delapan area perubahan, yang menjadi indikator penilaian kinerja suatu pemerintahan.

BACA JUGA :  Jelang Idul Fitri, Bupati Balangan Bagikan Percel Untuk Berbagai Kalangan

Adapun delapan area perubahan tersebut, yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Peraturan Perundang-Undangan, Penataan dan Penguatan Organisasi, Penataan Tata Laksana, Penataan Sumber Daya Manusia, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Sementara itu, Ernawati selaku kepala bagian Setda Balangan turut menyampaikan terkait persiapan yang akan dilakukan penilaian sakip yang mana setiap tahun dilakukan oleh tim penilai pusat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang akan dilakukan secara virtual.

“InsyaAllah untuk jadwal Pemda Balangan memang belum ditentukan selama 2 hari, antara akhir Agustus sampai September, kemudian ada 1 lagi penilaian penyelenggaraan penilaian publik dari Menpan jadi kita tadi menyampaikan kepada kepala SKPD untuk menyiapkan hal-hal yg diperlukan terkait dokumen yang di minta pada saat penilaian dan khususnya nanti pada saat wawancara mendalam pada kepala SKPD terkait dan pada klaster utama ataupun klaster tambahan untuk ready” ucap Ernawati.

BACA JUGA :  Meriahkan HUT Ke-16, GOW Balangan Salurkan Bantuan Ke Pondok Pesantren

Terakhir, ia menyebutkan untuk instansi yang memenuhi target kinerja diberikan penghargaan, adapun instansi yang mendapatkan penghargaan yaitu ada tiga.

“DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpatu Satu Pintu, Inspektorat dan RSUD ini sebetulnya budaya kerja balangan merupakan salah satu dari area revormasi birokrasi yaitu area manajemen perubahan untuk RB, yang mana kita mengharapkan adanya kenaikan. Sekarang masih di angka 58 semoga nantinya bisa di angka 60 dan semakin naik kelevel selanjutnya” tutupnya.

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh seluruh kepala SKPD Kabupaten Balangan

Baca Juga