Bazar Batu Permata dan Kontes Batu Akik Nasional Resmi Dibuka

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi Ketua Dekranasda Hj Nurgita Tiyas, Wakil Bupati Habib Idrus Al-Habsyie, Bazar Batu Permata dan Kontes Batu Akik Nasional resmi dibuka di Halaman Guest House Sultan Sulaiman Martapura, Rabu (10/8/2022) sore.

Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk pemulihan ekonomi dimasa pandemi, kesejahteraan para UMKM serta menghidupkan kembali batu akik di Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :  Banjar Pamerkan Kerajinan ke Bali

“Tentu agenda seperti ini sangat positif bagi kita dan nantinya lingkup kegiatan akan lebih luas lagi,” ucapnya.

Project Manager Yusuf Bachem Azmi menyampaikan peserta yang ikut kontes dari Sumatera, Madura dan Surabaya juga Papua.

Ditambahkannya, untuk jumlah batu yang terdaftar baik permata maupun Akik sekitar 2500 batu ambil bagian meramaikan Bupati Banjar Gemstone Competition tersebut.

“Batu permata dan Akik yang dilombakan seperti Batu Beningan (Red Borneo, Ginggang, Kecubung, Bacan, Chalsedon) dan Batu Gambar. Batu Gambar terbagi lagi ada BG Badar, BG Semi Kristal, BG Kristal. Sehinggaa menjadi 700 kategori yang dilombakan,” sebutnya.

BACA JUGA :  Tinjau Lokasi Kebakaran dan Bawa Bantuan

Ditempat yang sama Pemerintah Kabupaten Banjar menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada PT Indomarco Prismatama dan Bank BRI Cabang Martapura sebagai sponsorship kegiatan.

Bupati Banjar beserta Forkopimda juga meninjau kegiatan Bazar Batu Permata dan Kontes Batu Akik Nasional yang rencananya digelar selama 4 hari kedepan.

Baca Juga