Kurma Manis Dapat Pujian di Kalsel Innovation Award

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Inovasi Kredit Usaha Rakyat Martapura Maju Mandiri Agamis (Kurma Manis) terpilih mengikuti penilaian inovasi terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2022 atau Kalsel Innovation Award 2022. Pada tahap penjurian, program ini mendapat pujian dari para juri.

Kurma Manis merupakan inovasi pemberian bantuan kredit usaha rakyat dengan bunga nol persen bagi pengusaha kecil di Kabupaten Banjar. Program ini diselenggarakan Pemkab Banjar dengan menggandeng Lembaga Keuangan PT BPR Martapura Banjar Sejahtera sebagai Lembaga Penyalur Investasi Daerah untuk Pinjaman Usaha.

Adapun manfaat yang diperoleh dengan adanya inovasi KURMA MANIS adalah membantu pelaku usaha mikro dalam mengembangkan usahanya di masa pandemi dengan bunga nol persen dan tanpa biaya administrasi.

Tujuan program yang telah dilaunching Bupati Banjar H Saidi Mansyur ini, untuk mendukung pemberdayaan ekonomi terutama untuk usaha mikro di Kabupaten Banjar.Sasarannya para pelaku usaha di sektor perdagangan, pertanian, peternakan dan usaha mikro lainnya

BACA JUGA :  Pengukuhan Dewan Pengurus Korpri Banjar Masa Bakti 2019-2023

Penjurian Kalsel Innovation Award dilaksanakan di Aula Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah Provinsi Kalsel, Kamis (8/11/2022). Ditunjuk sebagai pemapar Sekda banjar HM Hilman didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banjar Ikhwansyah.

Sedangkan para juri yaitu Koordinator Bidang Sumber Daya Manusia, Pusat Litbang Inovasi Daerah, Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, Jerry Wely Walo, S.Sos, M.M . Asisten Deputi Pengembangan Sistem dan Strategi Kebijakan Pelayanan Publik, Kemenpan – RB, Muhammad Yusuf Kurniawan, S. H., M. Si. Lektor Kepala Universitas Lambung Mangkurat, Dr. Muzdalifah, S. E., M. Si dan Kepala Pusat HKI dan Inovasi Universitas Islam Kalimantan, Dr. Drs. H. Basuki, M. Si .

BACA JUGA :  Kapolres Banjar Cek Lokasi Jembatan Putus

“Alhamdulillah komentar para juri terhadap program Kurma Manis cukup bagus dan mendapat apresiasi, karena program ini langsung menyentuh kepada masyarakat dan memberikan dampak meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelas Ikhwansyah.

Dijelaskan, inovasi ini dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banjar, khususnya peningkatan dan pengembangan usaha mikro sektor usaha pertanian, perikanan, peternakan, perdagangan, industri kecil dan usaha lainnya maka Pemerintah Kabupaten Banjar melakukan terobosan kebijakan dengan memberikan pinjaman penguatan modal bagi pelaku usaha kecil.

“Komentar dewan juri, bagus inovasinya, manfaat ada untuk masyarakat, tinggal perhatian pengawas dan evaluasi aja lagi dari pemkab,” imbuhnya.

Baca Juga