Dispersip Balangan Tingkatkan Minat Baca Dengan Lomba Bercerita

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, PARINGIN – 17 anak tingkat SD/MI mengikuti lomba bercerita dan dongeng, yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Balangan, di TK PAUD Alam Al-Tamar, Paringin Selatan, Selasa (16/08/2022).

Memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan, H. Tamrin mengatakan bercerita ini dipilih untuk menjadi salah satu event untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia karena dengan sejarahlah wawasan bisa digali dan dari sejarah dapat diketahui perjuangan bangsa ini mengalami berbagai macam dinamika.

“Kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya dunia pendidikan, mari sama-sama kita tularkan kemampuan bercerita kepada anak-anak ini sehingga beberapa beberapa cerita daerah, beberapa cerita-cerita lokal, beberapa cerita nasional itu bisa disampaikan, sampaikan pesannya kepada masyarakat Kabupaten Balangan,” ucapnya.

BACA JUGA :  Perda Perampingan SKPD Disetujui DRPD Balangan

Disampaikan H. Tamrin, kemampuan bercerita ini cukup sulit, karena anak harus mampu memahami, membaca, cerita-cerita yang terjadi saat masa silam, kemudian menceritakan kembali dengan berbagai ekpresi sehingga menggugah orang lain bisa memahami dan menyimak dari alur cerita tersebut.

“Hari ini kita melihat antusias peserta, belasan peserta yang mengikuti hari ini ternyata telah siap dengan berbagai kostum-kostumnya, kita lihat bersama-sama tadi ada yang memakai pakaian Adat Banjar, ada yang memakai pakaian dengan merah putih, ada yang memakai pakaian seperti petani dan lain sebagainya,” terang Tamrin.

BACA JUGA :  Polres Balangan Akan Turunkan Personel dan Siap Amankan Nataru

Pihaknya dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sangat mendukung upaya untuk meningkatkan peningkatan sumber daya manusia, salah satunya melalui literasi. Karena selain membaca, literasi juga menyimak, menulis dan berbicara.

“Nah oleh karena itu hari ini mereka berbicara, bercerita, berarti dunia literasi itu sudah ada pada anak-anak kita,” tambahnya.

Berhadir dalam kegiatan Camat Paringin Selatan, Renny Yudisthesia, Ketua Yayasan Al Tamar, Risalatun Nahdia Tamrin, dewan juri dan bina damping.

Baca Juga