Rapat Paripurna Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-72 Dilaksanakan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi pimpin rapat paripurna istimewa dengan agenda peringatan hari jadi Kabupaten Banjar ke 72, Senin (15/8/2022) sore.

Dihadapan Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie yang hadir bersama para istri, Wakil Ketua DPRD Banjar H Akhmad Rijani, membacakan riwayat singkat sejarah Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar Saidi Mansyur mengatakan, peringatan hari jadi tahun 2022 ini masih dalam status bencana nasional pandemi Covid-19. Meskipun ada melakukan kegiatan dengan orang banyak, namun pelaksanaan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Diutarakan Saidi Mansyur, di usianya yang ke 72 tahun Kabuipaten Banjar tetap melakukan  pembangunan yang berkelanjutan peningkatan fasilitas infrastruktur ruas jalan. Diantaranya Sungai Pinang – Paramasan, Selan -Keramat Mina, Tungkap – Simpang Paku. Selain itu rehabilitasi jembatan seperti di Lokbaintan Kecamatan Sungai Tabuk, Sungai Baru Kecamatan Simpang Empat, Balimau Kecamatan Aluh Aluh, Sungai Batang ilir Kecamatan Martapura Barat.

BACA JUGA :  Kendati Hoax, Isu Penculikan Tetap Merajalela! Polres Banjar Aktifkan Patroli Cyber

Dibidang kesehatan, tahun 2022 pengadaan beberapa unit ambulan untuk beberapa puskesmas, pembangunan puskesmas pembantu, dan pengadaan alat kesehatan untuk RSUD Ratu Zalecha Martapura serta renovasi Labkesda.

indikator perekonomian lanjut Saidi Kabupaten Banjar mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun disebabkan pandemi Covid-19. Perekonomian di Kabupaten Banjar mengalami perbaikan di tahun 2020 dengan angka pertumbuhan 3,21 persen.

” Diharapkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 ini semakin membaik seiring bangkitnya aktivitas perekonomian,” harapnya. 

BACA JUGA :  PSR Pemkab Banjar Seluas 466,45 Hektar Selama 3 Tahun

Ditahun 2020 angka penduduk miskin 2,55 persen, ditahun 2021 naik menjadi 3,21 persen, hal ini disebabkan pandemi Covid-19 yang menghantam sendi sendi perekonomian masyarakat.

” Walaupun angka kemiskinan meningkat, tetapi masih tergolong paling rendah di tingkat provinsi Kalimantan Selatan,” ujarnya.   

Saidi Mansyur juga menjelaskan bidang pendidikan, ketersediangan pangan, pertumbuhan perumahan pemukiman serta angka Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang mengalami peningkatan selama 5 tahun terakhir.

Rapat paripurna istimewa ini juga di isi dengan penyerahan tali asih kepada para anggota veteran oleh Ketua DPRD Banjar.

Peringatan hari jadi ini juga dihadiri unsur Forkopimda, Sekda Banjar, para staf ahli, para Kepala SKPD, pimpinan perusda dan camat se Kabupaten Banjar.

Baca Juga