Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. 72 Tahun, KabupatenBanjar Terus Membangun

72 Tahun, KabupatenBanjar Terus Membangun

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
IMG 20220816 190722

Jalan Lingkungan
Pada tahun 2021, jalan lingkungan permukiman yang telah ditangani adalah sepanjang 7.87 Km melalui program pada Program dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup, dan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Akses Sanitasi
Pemerintah Kabupaten Banjar juga melakukan pembangunan Akses Sanitasi (Air Limbah), yang merupakan layanan sanitasi dan air limbah domestik yang aman dan ramah lingkungan (safely managed), sehingga tercapai peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan yang lebih baik dan sehat. Pelayanan sanitasi dan air limbah domestik yang aman dan ramah lingkungan adalah layanan yang memutus sumber pencemaran limbah domestik ke badan/sumber air

BACA JUGA :  Peringatan HSN di Kota Santri Martapura, Pamerkan Perjuangan Santri Menimba Ilmu

Upaya peningkatan kesehatan masyarakat dilakukan melalui penyediaan akses air limbah. Pada tahun 2021, penyediaan akses air limbah yang layak dilakukan melalui Program Inovasi Gebraks Jamban dengan jumlah sambungan rumah terpasang sebanyak 568 Unit. Persentase Penduduk yang Terlayani Sistem Air Limbah yang Memadai (target 61,57%, realisasi 80,53%).

Tahun 2021. Pemkab Banjar sudah membangun sebanyak 4.525 unit tangki septik individual dan 57 unit tangki septik/MCK komunal yang tersebar di seluruh kecamatan di kabupaten Banjar, terutama disepanjang bantaran sungai Martapura. Target ditahun 2022 akan dibangun 450 unit tangki septik individual di 9 (sembilan) desa di Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :  Keracunan Carbon Monoksida, 10 Siswa dari SMPN 1 Gambut Dilarikan ke Rumah Sakit dari Bumi Perkemahan Sungai Ulin Banjarbaru

Layanan Penyediaan Air Minum
Tidak hanya itu saja, Pemkab Banjar juga memberikan layanan penyediaan layanan air minum yang layak dilakukan untuk mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Penyediaan air minum dilakukan melalui sistem perpipaan (perkotaan) dan sistem non perpipaan (perdesaan). Capaian kinerja air minum pada tahun 2021 adalah terbangunnya 20 unit sistem pengolahan air minum perdesaan (non perpipaan), dan terpasangnya 2.820 sambungan rumah (SR) di kawasan perkotaan (perpipaan). Persentase Penduduk yang Mendapat Akses Air Minum (target 79,52%: realisasi 85,93%).

Baca Juga